5 Spot Wisata Asyik di Tapanuli Utara

Trippers.id – Tapanuli Utara merupakan sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang masyarakatnya didominasi etnis Batak Toba. Namun, yang menarik dari Tapanuli Utara tidak hanya kebudayaan khas Batak Toba saja, lho. Ada banyak sekali destinasi wisata di Tapanuli Utara yang unik dan layak untuk dijelajahi saat musim liburan tiba.

Penasaran seperti apa daya tarik wisata yang ditawarkan Tapanuli Utara? Kali ini kami ajak Trippers untuk mengintip lima pilihan tujuan wisata Tapanuli Utara favorit berikut ini :

1. Pemandian Air Soda Parbubu

Pemandian Air Soda | Sumber gambar: Wikipedia

Dari namanya saja kamu sudah bisa mengetahui bahwa objek wisata di Tapanuli Utara ini sangat unik. Bagaimana tidak? Berbeda dengan pemandian pada umumnya, di Pemandian Air Soda Parbubu kamu bisa berendam di kolam yang airnya mengeluarkan buih-buih gas layaknya air soda! Pemandian sejenis ini sendiri hanya terdapat dua saja di dunia, lho. Selain di Desa Parbubu, kamu bisa menemukan pemandian air soda di Venezuela.

Selain keunikannya ini, kandungan air di pemandian ini juga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Jadi, tak cuma menjadi lebih segar, setelah berendam di pemandian ini kamu juga bisa merasakan kulitmu akan terasa lebih halus.

2. Kawah Sipoholon

Kawah Sipoholon

Sumatera Utara memang terkenal memiliki banyak destinasi pemandian alami. Selain Pemandian Air Soda Parbubu, ada pula Kawah Sipoholon yang tak cuma terkenal akan sumber mata air panas melainkan juga eksotisme pemandangan kawah yang sangat eksotis. Berendam air panas dengan kawah dengan permukaan air kebiruan dikelilingi tebing-tebing berwarna putih tak cuma bisa menyegarkan tubuh dan pikiran namun juga matamu.

3. Huta Ginjang

Huta Ginjang | Sumber gambar: Airmagz

Destinasi tempat wisata di Tapanuli Utara selanjutnya ini jika diterjemahkan bisa disebut sebagai Kampung Tinggi. Dan, sesuai dengan namanya Huta Ginjang memang berada di ketinggian 1.550 mdpl yang menjadikannya tujuan wisata yang tepat untuk kamu yang ingin memandang keindahan alam di Sumatera Utara dari ketinggian.

Tak cuma bisa melihat lebih jelas keindahan Danau Toba dan juga Pulau Samosir, objek wisata Tapanuli Utara satu ini juga jadi tempat olahraga paralayang. Suka olahraga ekstrem yang menantang? Paralayang di Huta Ginjang bisa jadi pilihan aktivitas untuk lengkapi liburan Trippers.

4. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang | Sumber gambar: Airyrooms

Tahukah kamu bahwa Samosir bukanlah satu-satunya pulau yang terdapat di Danau Toba? Masih ada Pulau Sibandang yang juga dikenal dengan nama Pulau Mangga karena di pulau ini terdapat banyak sekali pohon mangga. Ada pula yang beranggapan bahwa julukan ini muncul karena bentuk dari Pulau Sibandang yang sekilas terlihat seperti buah mangga.

Objek wisata di Tapanuli Utara ini menawarkan banyak sekali daya tarik, mulai dari melihat langsung proses pembuatan kain Ulos di desa Papende, hingga menelusuri peningalan sejarah masyarakat Batak di Pulau Sibandang seperti rumah dari Raja pertama di Sibandang yang telah berusia kurang lebih 300 tahun serta makam Raja Sorta Uluan yang diyakini sebagai Raja Pulau Sibandang di puncak bukit Sibandang dan situs Partukkoan yang merupakan kursi batu yang dipercaya sebagai tempat raja-raja terdahulu bermusyawarah.

5. Tugu Toga Aritonang

Tugu Toga Aritonang | Sumber gambar: Wikipedia

Diresmikan pada 11-12 Maret 2016, Tugu Toga Aritonang bisa dikatakan sebagai destinasi wisata di Tapanuli Utara yang relatif masih baru. Didirikan dengan dana mencapai Rp 5 miliar oleh Marga Aritonang yang merupakan keturunan Raja Lontung ke-6, Tugu Toga Aritonang menjelma jadi daya tarik wisata baru di Tapanuli Utara.

Tak hanya karena arsitektur tugu yang megah dan futuristik, namun dikarenakan lokasinya yang berada di atas bukit di Desa Dolok Martumbur membuat pemandangan di sekitar tempat wisata Tapanuli Utara ini juga sangat memukau. Mantap bukan? Sudah saatnya Tapanuli Utara menjadi agenda destinasi Trippers berikutnya…

(wan)

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *