5 Rahasia Menabung untuk Mahasiswa

Trippers – Berlibur ke destinasi impian seperti Bali, Yogyakarta, Medan, hingga Labuan Bajo merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, tak terkecuali para mahasiswa.

Berlibur ke tempat-tempat tersebut tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit ya, Trippers. Cara terbaik untuk bisa mewujudkan impian berlibur itu tentunya dengan cara menabung.

Ssttt… Kali ini Trippers.id bakal memberi kamu 5 rahasia menabung untuk mahasiswa, jangan bilang siapa-siapa ya. Yuk di simak.

1. Keinginan Bukan Kebutuhan

Sebagai mahasiswa, budget bulanan kita tentu saja terbatas ya, Trippers. Cara yang baik untuk mengatur budget bulanan kamu adalah memilah dan membuat prioritas kebutuhan. Karena keinginan merupakan barang-barang yang tidak kamu butuhkan dan hanya akan menghabiskan uangmu saja.

2. Freelance

Jika pengeluaranmu tidak bisa ditekan lagi, jalan keluarnya adalah meningkatkan pendapatan. Nah, bagi seorang mahasiswa sebenarnya mencari penghasilan tambahan bukanlah hal yang sulit. Karena selain banyaknya lowongan freelancer dengan tingkat pendidikan minimal SMA, mahasiswa juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan di kampus.

Kamu bisa menjadi vendor dalam acara kampus, baik itu catering, atau kaos panitia. Kamu juga bisa membuka jasa desain grafis dan bisa juga menjadi Marketing kampus untuk mencari mahasiswa baru.

3. Rekening Khusus

Bukalah rekening khusus untuk tabungan liburan kamu. Tidak harus rekening bank. Lembaga penyimpanan non-bank juga boleh. Karena layanan fintech seperti go-pay, OVO, Link Aja, Giro Pos, dan Jenius bisa kamu jadikan sarana untuk menabung.

4. Teknik Tabung

Teknik menabung juga harus kamu perhatikan. Kamu bisa menabung dengan nominal yang terus bertambah setiap harinya, menabung sesuai dengan bilangan tanggal atau sebaliknya. Atau membagi persentase penghasilan seperti 30% untuk kebutuhan dan 70% untuk tabungan.

5. Menabung Bukan Uang

Menabung tentu tidak hanya sebatas dengan uang ya, Trippers. Zaman sekarang sudah banyak mahasiswa yang membuka pikiran mereka untuk beralih dari menabung uang ke jalan investasi.

Tabungan non-uang yang bisa kamu pilih bisa berupa emas, saham atau reksa dana. Selain bisa menabung,kamu juga bisa mengembangbiakkan uangmu, Trippers.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *