5 Pemandian Alam yang Hits di Sumatera Barat

Trippers – Banyak sekali destinasi wisata unik di daerah Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah destinasi pemandian alam yang mampu menawarkan aurah pemandian yang naturalis. Banyak di antara daftar pemandian ini yang memang sudah terkenal sejak zaman dahulu dan semakin populer berkat sihir dari media sosial.

Nah, untuk mengulas lebih dalam dan menyakinkanmu untuk berkunjung ke sini, inilah lima destinasinya yang unik dan keren untuk spot foto underwater!

  1. Tirta Alami
Foto : kumparan.com

Pemandian alam ini cocok untuk wisata keluarga ataupun kelompok ini tepatnya berlokasi di jalan lintas Padang-Bukittinggi No.60 Nagari Guguak, 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau Pemandian alam yang populer di Ranah Minang ini memiliki mata air yang bersumber dari mata air Gunung Tandikek. Airnya sangat jernih, dingin, menyegarkan, dan tentunya dingin. Walaupun demikian, karena panoramanya destinasi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi bila musim liburan.

Jika ingin bermalam di sini juga ada penginapan, lapangan golf, lokasi camping, area bermain flying fox, dan masih banyak lagi fasilitas lengkap yang akan memanjakanmu.

  1. Lubuak Bonta
Foto : ksmtour.com

Pemandian alam ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Padang Pariaman. Untuk lokasi pastinya, pemandian ini ada di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Pemandian alam yang satu ini sudah terkenal lama. Dengan pesona kolam air alami yang berwarna biru kehijauan dengan lubuak yang bervariasi dari 20 cm hingga 5 meter dan juga suhu airnya yang sangat dingin namun sejuk. Semakin alaminya, di sini juga terdapat tumbuhan air yang membuat suasananya semakin alami.

Walaupun destinasi yang satu ini masih perlu dioptimalkan, namun sangat menarik untuk dikunjungi.

  1. Lubuak Mata Kucing
Foto : blog.unnes.ac.id

Pemandian Lubuk Mata Kucing dibangun pada masa kolonial tahun 1918. Walaupun sudah demikian, pemandian alami yang sempat kurang dilirik ini nyaris menjadi hanya kenangan. Sebagai informasi,

dinamakan Mata Kucing, karena memiliki air yang jernih dan berwarna biru menyerupai mata kucing jika dilihat dari ketinggian.

Lubuak Mata Kucing berlokasi di Kelurahan Pasa Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Dengan mata air yang berasal dari Gunung Singgalang dengan kawasan yang diapit oleh Bukit Surungan dan Sungai Batang Anai tentunya membuat sensasi pemandangan di sini semakin nyaman dan sejuk. Apalagi berbagai fasilitas telah dibangun untuk menunjang kenyamanan para wisatawan.

  1. Batang Tabik
Foto : rentalmobilpadang.co.id

Pemandian alami ini memiliki mata air yang bersumber dari Pegunungan Sago. Batang Tabik juga pemandian alam yang telah kesohor sejak zaman Kolonial Hindia Belanda. Lokasinya ada di Jorong Batang Tabik, Nagari Kamuyang, Kabupaten Limapuluhkota. Sekitar 20 menit berkendara dari Kota Payakumbuh.

Memiliki kualitas air yang masih terjaga tentunya membuat Batang Tabik menjadi sumber air minum masyarakat dan juga destinasi wisata unik yang penuh dengan ikan. Jika datang ke sini,

pengunjung bisa menikmati dua kolam yang tersedia yaitu kolam asli dengan sumber mata air dan kolam khusus berenang.

  1. Mato Aie Paninggahan
Foto : suhefriandi.blogspot.com

Objek wisata pemandian alam yang terletak di Jorong Koto Baru Tambak, Nagari Paninggahan, Kabupaten Solok ini dulu dikenal dengan nama Pemandian Ulu Aie.

Pemandian yang berlokasi di dataran tinggi ini tentunya memiliki panorama alam yang sangat naturalis dan juga air yang jernih. Juga dari kejauhan akan terlihat Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Pemandian ini sangat memiliki fungsi penting bagi masyarakat setempat. Bukan hanya sebagai media objek wisata, juga sebagai sumber penghidupan di kawasan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *