5 Pasta Khas Kroasia yang Akan Memanjakan Lidahmu

Trippers.id – Setiap negara di dunia pasti mempunyai menu khas yang membuatnya berbeda dari negara lain. Tak terkecuali Kroasia. Negara ini mempunyai makanan khas yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung, salah satunya adalah pasta.

Pasta asal Kroasia juga tak kalah lezat dengan pasta khas Italia. Beragam pasta dengan rasa yang autentik dapat dicoba. Berikut lima pasta khas Kroasia yang cita rasanya menggugah selera!

  1. Krpice Sa Zeljem
Foto : prirodna.hr

Krpice sa zeljem merupakan makanan khas Kroasia kuno yang secara tradisional disiapkan di bagian utara negara ini. Dalam pembuatannya memerlukan bahan-bahan seperti kubis, bawang, dan bumbu yang biasanya menggunakan merica hitam.

Pasta ini dikenal sebagai krpice atau flekice, yang bisa berukuran kecil atau besar dengan persegi panjang atau tidak beraturan. Untuk menambah cita rasa, hidangan ini ditambahi dengan potongan bacon atau sosis.

  1. Štrukli
Foto : www.recepti.hr

Štrukli merupakan pasta yang bisa mempunyai rasa gurih atau manis. Cara pembuatannya yaitu adonan ditarik, diisi, dan digulung. Kemudian adonan dipotong menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dipanggang atau dimasak.

Versi paling populer dari pasta ini adalah variasi gurih yang berisi keju, telur, dan krim asam. Kemudian campuran bahan-bahan tersebut dipanggang dalam oven dan dilapisi dengan mentega atau krim asam.

  1. Granatir
Foto : www.tasteatlas.com

Granatir atau dikenal juga sebagai grenadir marš merupakan hidangan sederhana yang memerlukan bahan-bahan seperti pasta, bawang, dan kentang. Kemudian untuk menambah cita rasa, akan dibumbui dengan paprika bubuk.

Karena bahan-bahan yang murah dan kandungan karbohidrat yang tinggi, makanan ini mewakili makanan petani di seluruh negara Kroasia.

  1. Mljetski Makaruli
Foto : www.jutarnji.hr

Mljetski makaruli merupakan makanan sejenis pasta yang berasal dari Pulau Mljet. Dalam pembuatannya memerlukan tepung, telur, air, dan garam.

Cara pembuatannya yaitu pasta dimasak, disusun di atas piring, lalu dipadukan dengan minyak zaitun, bawang putih, dan keju kambing parut secara bergantian. Setelah selesai, pasta ini akan dihiasi dengan thyme segar di atasnya.

  1. Šurlice Sa Škampima
Foto : www.facebook.com

Šurlice sa škampima merupakan pasta yang berasal dari pulau Krk di Kroasia. Bahan-bahan pembuatannya yaitu bawang putih, scampi, jus tomat, anggur putih, dan kaldu. Untuk menambah cita rasa, pasta terkadang ditumis dengan menggunakan mentega sebelum digabungkan dengan bahan lain.

Biasanya, pasta juga akan ditambahkan dengan udang. Sebelum dihidangkan, disarankan untuk melapisi pasta ini dengan keju parut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *