5 Olahan Daging Khas Arab Saudi yang Terkenal Nikmat!

Trippers – Berbagai hidangan kuliner dengan menggunakan bahan utama daging sangat mudah sekali dijumpai di banyak restoran atau warung pinggir jalan yang ada di kota-kota Arab Saudi. Hal ini dikarenakan kebiasaan dari masyarakat Arab Saudi yang sangat gemar menyantap daging yang menjadi sumber protein penting bagi kesehatan tubuh.

Diolah menggunakan rempah-rempah tradisional membuat hidangan daging khas Arab Saudi memiliki cita rasa dan aroma yang sangat autentik. Hidangan ini juga terbuat dari beberapa jenis daging mulai dari sapi, domba, kambing, dan ayam.

Berikut lima hidangan daging khas Arab Saudi yang paling populer dan digemari banyak orang.

  1. Jalamah
Foto : www.tasteatlas.com

Untuk membuat hidangan jalamah diperlukan domba muda agar daging terasa lebih empuk saat dimakan. Selain itu, saat proses pengolahan jalamah, daging domba dimasak bersama lemaknya dan dimasukan beberapa bumbu-bumbu, seperti kapulaga, kayu manis, ketumbar, lada hitam dan bawang bombai.

Hidangan ini sangat cocok dimakan bersama nasi atau roti pipih agar dapat menyerap kuahnya dengan baik. Jalamah berasal dari wilayah Asir yang sering disajikan pada hari raya besar seperti Idul Adha.

  1. Mofatah al-dajaj
Foto : www.butfirstchai.com

Mofatah al-dajaj merupakan hidangan tradisional khas Arab Saudi yang menggunakan jenis daging ayam. Dalam proses pembuatannya, daging ayam terlebih dahulu dimasak dengan cara ditumis dengan air yang di dalamnya telah terdapat kayu manis, jahe thailand, daun shaiba, dan lain-lain.

Setelah itu, ayam diolesi bumbu yang terbuat dari berbagai rempah-rempah kemudian disangrai hingga matang.

Hidangan ini memiliki aroma yang sangat wangi yang dapat menggungah selera. Biasanya mofatah al-dajaj dihidangkan bersama nasi basmati dan salad di sampingnya.

  1. Kabsa
Foto : www.pinterest.se

Kepopuleran dari kabsa menjadikan hidangan ini ikon kuliner dari negara Arab Saudi. Kabsa merupakan makanan tradisional yang terdiri dari daging, nasi basmati dan berbagai sayuran lainnya.

Jenis daging yang digunakan untuk hidangan kabsa adalah daging domba atau ayam yang telah dimasak dengan berbagai bumbu serta rempah. Rasanya yang lezat membuat kabsa cocok di lidah semua orang. Hidangan ini biasanya disajikan dalam porsi yang cukup besar.

  1. Matazeez
Foto : www.halalhomecooking.com

Matazeez termasuk jenis masakan sup yang terbuat dari daging domba yang di dalamnya dipadukan dengan pangsit berukuran tipis. Tambahkan juga beberapa jenis sayur-sayuran untuk menambah kelezatan serta nutrisi pada hidangan ini seperti kol, wortel, labu, terong dan tomat.

Sedangkan untuk bumbu dari kuah matazeez, terdiri dari kayu manis, jintan, lada hitam dan berbagai campuran rempah-rempah lainnya. Dari segi penampilan, matazeez sangat mirip dengan hidangan margoog yang juga berasal dari Arab Saudi. Namun, matazeez memiliki tekstur kuah yang kurang kental dan memiliki aroma yang khas.

  1. Saleeg
Foto : blog.radissonblu.com

Saleeg merupakan jenis masakan mirip bubur yang disajikan bersama daging panggang. Untuk daging, kamu dapat memilih berbagai jenis daging namun umumnya hidangan ini dimakan dengan daging ayam.

Saleeg terbuat dari nasi yang dicampur susu dan mentega kemudian dimasak hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan. Sedangkan untuk pengolahan daging, biasanya daging akan direndam dan direbus terlebih dahulu dengan bumbu lalu dipanggang.

Saleeg berasal dari daerah Hejaz dan hidangan ini sangat baik bagi kamu yang memiliki masalah dengan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *