5 Museum Islam yang Terkenal Unik di Dunia

Trippers – Saat berpuasa, kita masih bisa tetap liburan di tempat-tempat yang tak membutuhkan banyak tenaga. Salah satu destinasi yang cocok dikunjungi yakni museum.

Selain museum umum, kamu bisa mengunjungi museum Islam di berbagai wilayah. Mumpung Ramadan, kita bisa liburan sambil mengenal jejak Islam, ya kan? Sepuluh museum di bawah ini bisa jadi rekomendasimu:

1. Museum of Islamic Art – Qatar

Foto : www.dezeen.com

Museum yang terletak di kota Doha ini memiliki bangunan dengan desain arsitektur Islam kuno. Di bagian depannya terdapat pohon-pohon palm yang menghiasi sisi halaman.

Museum ini merepresentasikan kesenian Islam dari tiga benua di dunia. Beberapa koleksi yang bisa kamu saksikan antara lain keramik, naskah seperti sertifikat haji kuno, astrolabe Islam tertua, kunci Kabah, topeng peperangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jam operasional: 09.00-19.00

Harga tiket: Rp200 ribu

2. Islamic Art Museum of Malaysia – Malaysia

Foto : worldtradecentrekl.com.my

Lokasinya berada di Kuala Lumpur dengan menawarkan beberapa fasilitas seperti toko, restoran, galeri, dan perpustakaan. Desainnya yang minimalis dengan tulisan Arab menghiasi dinding-dinding bagian depan.

IAMM memiliki dua lantai. Pertama untuk galeri permanen, dan lantai dua untuk galeri sementara. Di lantai satu, kamu bisa melihat koleksi arsitektur, Alquran, naskah kuno, keramik, tekstil, dan lain-lain. Untuk lantai dua, kamu bisa melihat beragam koleksi sementara yang hanya ditunjukkan pada waktu tertentu.

Jam operasional: 09.30-18.00

Harga tiket: Rp50 ribu

3. Museum of Islamic Art – Mesir

Foto : muslimobsession.com

Museum yang terletak di Kairo ini memiliki bangunan megah berwarna kecokelatan. Bangunan kuno yang indah ini memiliki dua pintu masuk, yakni di sebelah utara dan selatan. Selain itu, museum ini punya taman yang dilengkapi air mancur.

Terdapat sekitar 100 ribu artefak sebagai koleksi yang tersimpan dalam museum. Tidak hanya koleksi seni yang menarik, ada juga ilmu kedokteran dan astronomi.

Jam operasional: 09.00-17.00

Harga tiket: Rp85 ribu

4.Aga Khan Museum – Kanada

Foto : republika.co.id

Aga Khan Museum terletak di kota Toronto, Kanada. Desain eksteriornya minimalis dengan warna serba putih. Di bagian depannya, terdapat tiga danau yang menambah estetika.

Beberapa koleksi yang menjadi highlight yakni prototipe bulan, planispheric astrolabe, desain keramik khas Iznik, naskah Shahnameh, dan sebagainya.

Jam operasional: 10.00-18.00

Harga tiket: Rp290 ribu

5. Sharjah Museum of Islamic Civilization – Uni Emirat Arab

Foto : www.pinterest.co.kr

Eksterior museum ini serupa dengan bangunan masjid berwarna kecokelatan. Untuk interiornya, kamu bisa melihat lorong besar dan lebar. Ada bagian atap berbentuk lingkaran yang menunjukkan gambaran rasi bintang.

Museum ini terdiri dari beberapa bagian, yakni Galeri Abu Bakar, Galeri Sains dan Teknologi Ibu Al-Haytham, Islamic Coin Display, serta masih banyak lagi yang lainnya. Terdapat pula pameran sementara yang diadakan dua kali dalam setahun.

Jam operasional: 08.00-20.00

Harga tiket: Rp40 ribu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *