5 Mie Khas Nusantara yang Melegenda

Trippers.id – Para penggila hidangan mie belum sah jika hanya suka menikmati mie instan saja tanpa pernah mencoba hidangan aslinya. Ada banyak hidangan mie yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari semenangjung barat hingga ke belahan timur Indonesia.

Setiap daerah tentu saja memiliki hidangan khas daerahnya dan mie menjadi salah satunya. Misalnya mie goreng Aceh, mie sop Medan, mie Belitung, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang penasaran, yuk langsung ada di simak 5 mie khas Nusantara yang melegenda.

Mie Aceh

Foto: pergikuliner.com

Mie yang satu ini memiliki cita rasa pedas dengan mie kuning yang tebal-tebal. Disajikan bersama emping melinjo dan timun, kita bisa memilih sajian mie aceh dengan cara digoreng, nyemek/agak berkuah, dan rebus/kuah.

Mie Belitung

Foto: kedaimadina.com

Beralih ke arah selatan, mie yang berasal dari Belitung ini memiliki aroma menggoda dari kaldu udang. Mie kuning yang besar mirip mie aceh yang diberi potongan kentang dan timun serta emping melinjo sebagai pendamping makanan akan membuat lidahmu bergoyang saat menyantapnya.

Mie Kocok

Foto: qraved.com

Jika biasanya mie dibuat menggunakan kaldu ayam atau kaldu ikan dan udang, lain halnya dengan mie yang satu ini. Mie yang berasal dari Kota Bandung ini menggunakan kuah kaldu sapi sebagai penyedap rasa. Ditambah lagi dengan kikil dan potongan daging sapi. Bentuk mie yang pipih membuat mie kocok memiliki penampilan yang khas.

Mie Cakalang

Foto: ksmtour.com

Kini kita beranjak ke Indonesia bagian timur yaitu Mnado. Mie cakalang merupakan mie kuah dengan taburan daging ikan cakalang. Bumbu dari mie cakalang sendiri sangat sederhana, hanya menggunaan bawang merah, bawang putih kemudian disirami air lalu daging cakalang suir yang pastinya memberi rasa yang tak terlupakan di lidah penikmat mie.

Mie Papua

Foto: sitimustiani.com

Mie khas dari papua ini merupakan mie kuah berbahan dasar sagu yang kemudian kuahnya diberi minyak dari sulingan buah merah. Bahan-bahan khas inilah yang memberi citarasa yang berbeda dari mie daerah lain. Karena menggunakan minyak dari buah merah, mie Papua ini juga dinilai memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *