5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem daya tahan tubuh bisa dipahami secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut ini 5 makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

  1. Madu
Foto : health.kompas.com

Kita mengenal madu sebagai salah satu bahan makanan ajaib yang memiliki segudang manfaat.
Madu rasanya manis dengan tekstur cairan yang kental. Di tengah wabah seperti sekarang, konsumsi madu secara rutin sangat dianjurkan.

Kamu bisa mencampur satu sendok makan madu ke dalam teh, menyiramkannya ke atas yoghurt, atau mencampurkan madu ke oatmeal, roti panggang, dan selai kacang.

  1. Pisang
Foto : www.masakapahariini.com

Selain kurma, buah pisang juga sangat populer di Indonesia. Pisang bisa sangat mudah ditemukan di pasar tradisional hingga minimarket modern.

Pisang yang matang bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi beragam makanan dan minuman yang lezat.

Kamu bisa mengolahnya menjadi smoothies tanpa gula, kolak, hingga campuran oatmeal. Teksturnya yang lembut juga membuat pisang bisa digunakan sebagai MPASI.

  1. Buah tin
Foto : www.alodokter.com

Buah tin juga dikenal dengan nama buah ara. Di negara Barat, buah ini disebut figs. Buah yang sekilas mirip delima ini rasanya manis. Kulit buah tin biasanya berwarna hijau atau ungu. Sedangkan, daging buahnya berwarna merah.

Buah dengan nutris yang sangat tinggi ini bisa dikonsumsi secara rutin atau ditambahkan ke dalam menu makan sehari-hari. Namun, yang perlu diperhatikan, kadar gula dalam buah ini cukup tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Jintan hitam
Foto : www.cnnindonesia.com

Jintan hitam biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai Habbatussauda. Di negara Barat, tumbuhan ini disebut sebagai black seed. Jintan hitam disebut dalam sebuah hadis sebagai obat segala penyakit.

Jintan hitam merupakan rempah yang bisa dikonsumsi langsung. Ahli medis menyarankan mengonsumsi jintan hitam cukup 1-3 butir tiap pagi, siang, dan malam secara rutin.

Selain dikonsumsi langsung, jintan hitam juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, yang bisa digunakan untuk bumbu masakan adalah jintan hitam yang telah diubah menjadi bubuk. Jintan hitam bubuk bisa digunakan untuk membumbui daging, dengan cara ditaburkan di atas daging untuk marinasi.

  1. Minyak zaitun
Foto : www.alodokter.com

Minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan masakan yang menyehatkan. Minyak zaitun bisa dimanfaatkan sebagai alternatif minyak goreng untuk memasak yang lebih sehat.

Minyak zaitun juga bisa diminum. Konsumsi satu sendok minyak zaitun secara rutin dapat memberi dampak kesehatan yang mengesankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *