5 Makanan Unik Khas Mentawai

Trippers – Berada di pantai barat Pulau Sumatera, sebuah pulau eksotis yang terkenal dengan ombak terbaiknya di kalangan para wisatawan untuk berselancar. Mentawai ternyata tidak hanya memiliki alam yang indah dan penduduk etnis yang menarik loh, Trippers. Kuliner-kuliner dari Mentawai juga dikenal unik-unik dan beragam.

Apa saja sih, kuliner unik dari Mentawai? Yuk langsung saja kita simak rangkuman dari Trippers.id tentang 5 makanan unik khas Mentawai.

1. Kapurut Sagu

Mirip seperti makanan pokok di belahan timur Indonesia, kapurut sagu merupakan sagu halus yang kemudian dibungkus dengan daun sagu dan dimasak dengan cara dibakar. Masyarakat setempat biasanya menjadikan kapurut sagu sebagai makanan pokok.

Selain rasa original alias hanya berupa sagu tanpa tambahan bahan lain, kapurut sagu juga biasanya diberi tambahan garam atau kelapa sebagai penambah rasa asin dan gurih pada sagu.

2. Subbet

Foto: youtube.com

Kuliner yang satu ini, merupakan hidangan yang terbilang unik, karena menggunakan umbi keladi. Memiliki cita rasa manis gurih, subbet terbat dari keladi halus yang dibentuk bulat, diberi isian pisang dan akhirnya diberi taburan parutan kelapa. Manis alami yang diberikan oleh subbet bakal bikin kamu ketagihan dan nggak bikin eneg, Trippers.

3. Batra

Hidangan yang satu ini sedikit ekstrem nih Trippers. Batra adalah ulat sagu yang menjadi lauk lezat dan bergizi tinggi di Kepulauan Mentawai loh, Trippers. Batra biasanya dimasak dengan cara ditumis dan dibuat menjadi cah batra atau dibakar seperti sate yang dilumuri bumbu kecap dan garam. Beuh, ngiler gak tuh?

4. Obuk

Foto: pasbana.com

Trippers tent tahu dengan lemang bukan? nasi gurih yang dimasukkan ke dalam bambu kemudian dimasak dengan cara dibakar. Mentawai ternyata juga memiliki hidangan yang serupa nih. Bernama obuk, kuliner ini berbahan dasar sagu yang dihaluskan menjadi tepung, kemudian dimasukkan ke dalam bilah bambu dan dimasak dengan cara dibakar. Mirip dengan kapurut sagu, namun obuk memiliki tekstur yang lebih lembut mirip lotong.

5. Anggau

Foto: garpusendok.home.blog

Merupakan jenis kepiting endemik Mentawai yang menjadi hidangan andalan dan wajib dicicipi saat berlibur ke sini. Anggau biasanya dimasak dngan cara direbus bersama rempah sederhana khas Mentawai. Ukuran kepiting yang besar dan rasanya yang sedap membuat anggau dicari-cari oleh wisaawan. Namun kuliner ini merupakan kuliner musiman karena penduduk hanya bisa memanen anggau pada bulan Agustus hingga September saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *