5 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Terkenal Citarasanya!

Trippers – Selain terkenal dengan keragaman budaya, Indonesia juga kaya akan makanan khas di setiap daerahnya termasuk Sulawesi Tengah. Untuk kamu yang hendak mengunjungi Kota Palu dan sekitarnya, 5 makanan khas Sulawesi tengah ini sangat wajib kamu cicipi. apa aja ? yuk simak!

1. Sup Kaledo

Foto : blog.misteraladin.com

Terkenal dengan rasa kuliner yang pedas dan asam, sup kaledo ini sangat menggambarkan makanan khas Sulawesi. Sup Kaledo ini berasal dari kota Palu yang memiliki rasa segar dan nikmat.

Sup kaledo ini banyak diminati oleh masyarakat Sulawesi karena rasanya yang pedas. Sup ini terbuat dari daging sapi dan juga sumsum tulang yang direbus hingga menghasilkan kaldu.

Kuah kaldu yang kaya akan rempah Sulawesi inilah yang menghasilkan rasa segar. Tak hanya itu, sumsum daging sapi yang gurih sangat menambah nikmat sup kaledo ini.

2. Lalampa

Foto : www.tribunnewswiki.com

Lalampa adalah salah satu camilan khas Sulawesi. Makanan ringan ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi, tidak hanya di Sulawesi Tengah.

Makanan ini terbuat dari beras yang dicampur dengan ikan cakalang. Mungkin sekilas makanan ini mirip makanan khas Jawa Tengah. Lalampa ini dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar.

Aroma khas ikan cakalang sangat menggugah selera. Cara memasak dengan api bakar dan dibungkus daun pisang sangatlah efektif. Selain itu rasa yang dihasilkan pun akan berbeda dengan makanan yang dikukus.

3. Milu Siram

Foto : cookpad.com

Makanan khas selanjutnya adalah milu siram. Nama yang unik ini mungkin mengingatkan kita dengan makanan berkuah. Memang benar, milu siram ini adalah makanan semacam sup jagung. Makanan ini berasal dari jagung muda yang biasa juga disebut binte biluhuta.

Bahan utamanya memang jagung, namun milu siram juga diolah dengan campuran bahan lainnya. Biasanya milu siram disajikan dengan toping ikan atau udang sehingga lebih bergizi.

Milu siram ini juga memiliki berbagai varian rasa seperti pedas, asin, dan manis. Jadi, untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera kita. Selain sehat dan bergizi, milu siram ini juga dipercaya untuk menurunkan kolesterol.

4. Onyop

Foto : petahidup.blogspot.com

Makanan khas Sulawesi Tengah yang satu ini memang unik namanya. Onyop adalah semacam jenang pada masyarakat Jawa. Namun di Sulawesi, makanan ini disajikan dengan kuah asam.

Onyop ini berbahan dasar sagu yang diuleni dan kemudian dikukus. Makanan ini bertekstur kenyal dan dimakan bersama dengan kuah asam ikan. Kuah ini yang memberikan rasa pedas asam yang segar.

Rasa asam dari kuah ini diperoleh dari irisan lemon. Irisan lemon yang diperas di kuah ikan kemudian disajikan bersama onyop.

5. Tinutuan

Foto : www.tribunnewswiki.com

Tinutuan tak jauh berbeda dengan milu siram. Namun, makanan yang satu ini sungguh populer di Sulawesi Tengah. Nama lain dari makanan ini adalah Bubur Manado. Bubur ini terlihat sama dengan bubur pada umumnya. Yang membedakan adalah isian sayuran yang melimpah sehingga bubur ini lebih sehat. Bubur ini biasanya dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan. Bagi yang tidak suka sayuran, bubur ini bisa menjadi alternatif untuk konsumsi sayuran.

Itulah beberapa daftar makanan khas Sulawesi Tengah yang harus dicoba. Jika berkunjung ke sana, sebaiknya hindari makanan siap saji atau makanan instan. Karena terdapat banyak pilihan makanan khas yang sehat dan lezat di Sulawesi Tengah dan kamu wajib tau guys makanan khas nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *