5 Makanan Khas Semarang Yang Bikin Nagih

Trippers.id – Khusus buat Trippers yang doyan makan dan jajan…. Jangan lewatkan yang satu ini jika kamu sedang lewat di Kota Semarang. Pastikan kamu tidak melewatkan hidangan kuliner terbaik khas Semarang jika tidak ingin menyesal nantinya. Berikut rekomendasi 5 makanan khas Semarang yang wajib kamu cicipi.

1. Tahu Gimbal

pipitwidya.com

Namanya saja sudah sangat unik bukan? Tahu gimbal merupakan kuliner khas Semarang yang terbuat dari olahan tahu dan penyajian gimbal yang terlihat semakin menarik. Di dalam menu yang satu ini juga terdapat tambahan potongan lontong dan kol yang kemudian disiram bumbu kacang plus petis sehingga semakin menggugah selera semua orang yang menatapnya.

Gimbal sendiri ialah sejenis makanan olahan udang yang telah ditepungkan, bisa dibilang hampir menyerupai bakwan udang. Jika kamu ingin menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan ada tambahan kerupuk udang renyah sehingga semakin lezat dan gurih untuk dinikmati.

2. Soto Bangkong

makanan khas semarang

jajanankuliner.wordpress.com

Menu terbaik khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang telah terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Bagi kamu yang tertarik, soto bangkong bisa dengan mudah ditemukan di rumah makan jalan Brigjen Katamso. Hingga saat ini, rumah makan yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah. Dijamin, rasanya akan membuat lidah Anda tergoyang dan ingin memakannya lagi dan lagi.

3. Tahu Petis

ppitiongkok.org

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini pasti terbuat dari tahu dan petis sebagai bahan dasar pembuatannya. Tahu yang akan diolah biasanya akan disayat terlebih dahulu dan diisi dengan petis. Pastikan irisan tahu tidak sampai terbelah dan juga tidak terlalu padat. Tahu petis kemudian akan digoreng hingga garing.

Akan semakin nikmat jika menikmati tahu petis dengan tambahan cabai rawit, terlebih bagi kamu yang menggilai makanan pedas. Petis sendiri merupakan sejenis olahan dari sisa cairan perebusan udang atau ikan yang kemudian dipanasi hingga kental dan menjadi saus kehitam-hitaman.

4. Nasi Goreng Babat Gongso

makanan khas semarang

pesansambellayah.blogspot.com

Nasi goreng babat gongso oalah nasi goreng lezat yang sajiannya itu semakin lengkap karena tambahan babat atau kulit sapi yang dipotong berukuran 3 x 4 cm. Dengan tambahan bumbu bawang merah dan putih, terasi, kecap dan cabai merah, nasih goreng babat akan berwarna kecoklatan dan dijamin memiliki rasa yang sangat lezat dan membuat kamu ketagihan.

Akan semakin nikmat jika kamu menambahkan telur untuk di orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso. Bagi kamu yang tertarik, juga bisa menambahkan limpa, paru rebus dan iso sebagai urapan yang membuat nasi goreng babat gongso semakin nikmat untuk dicicipi.

5. Pisang Plenet

makanan khas semarang

instagram @radjagowphal

Sebagian besar dari kita pasti merasa asing dengan kuliner yang satu ini. Jelas, menu pisang plenet memang tidaklah seterkenal mochi, lumpia hingga banden presto, namun jangan pernah menyepelekan citarasa nikmat dari salah satu menu khas kota Semarang ini. Sesuai namanya, pisang plenet dibuat dari olahan pisang dengan rasa manis yang sangat nikmat dan bentuk pipih (plenet).

Proses pembuatannya ialah dengan memotong pisang kepok matang dan dibakar menggunakan api kecil hingga berwana kecoklatan. Kemudian pisang ditiriskan dibaluri olesan margarin dengan tambahan neises, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lainnya. Terakhir, pisang plenet akan kembali ditutupi dengan pisang pipih sehingga bentuknya hampir menyerupai roti tawar.

Nyam… pasti pada ngiler kan? Yuk main ke kota Semarang….

(wan)

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *