5 Makanan Khas Lebaran dari Beberapa Negara

Trippers – Lebaran tidak terasa tinggal menghitung hari lagi. Salah satu hal yang paling ditunggu dari hari raya biasanya adalah makanan khasnya yang sudah menjadi tradisi turun menurun. Di Indonesia, makanan khas yang sudah pasti ada di setiap perayaan Lebaran adalah ketupat. Umumnya, ketupat disajikan dengan guyuran opor ayam, gulai nangka, semur, ataupun rendang daging.

Nah, kalau di Indonesia identik dengan ketupat. Lalu bagaimana dengan makanan khas Lebaran di negara lain ya? Berikut ini adalah 5 makanan khas Lebaran dari berbagai negara yang menggugah selera.

1. Kebab – Timur Tengah

Foto : www.dream.co.id

Pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengan makanan asal Timur Tengah yang satu ini, ya benar Kebab. Sudah banyak bermunculan restoran dan penjaja makanan yang menghidangkan menu Kebab. Tapi, tahukah kalian? Bahwa di Timur Tengah, kebab sendiri merupakan salah satu makanan khas yang juga disajikan saat hari raya Lebaran tiba. Umumnya, kebab diolah dengan beberapa cara. Ada yang menyajikannya seperti burger, namun ada pula yang menyajikannya seperti sate.

2. Baklava – Turki

Sumber Foto : www.idntimes.com

Sangat lazim untuk masyarakat muslim di Turki, camilan seperti baklava ini sudah menjadi menu utama untuk perayaan Idul Fitri di sana. Baklava merupakan kue yang memiliki tekstur berlapis-lapis dengan berbagai isian seperti potongan kacang dengan guyuran sirup dan madu di atasnya.

3. Meloui dan Chicken Bastilla – Maroko

Foto : jatim.tribunnews.com

Maroko juga pun tak ketinggalan memiliki makanan lezat khas lebaran, lho. Makanan tersebut yaitu, meloui dan chicken bastilla. Meloui merupakan camilan yang terbuat dari terigu, garam, gula, dan ragi, sedangkan chicken bastilla adalah kue yang berbahan dasar ayam.

4. Kahk – Mesir

Foto : www.panorama-jtb.com

Keberadaan kue yang satu ini sudah ada sejak 1540 sebelum masehi. Kahk sendiri merupakan kue tradisional yang berbentuk bulat dengan isian kacang dan taburan tepung gula berkalori rendah. Walaupun kahk masuk ke dalam jenis kue atau camilan, namun kue ini cukup mengenyangkan, lho. Tentu saja karena kue ini mengandung cukup protein dan karbohidrat yang berasal dari isian kacang dan taburan gula berkalori rendah.

Kalau di Indonesia kita punya kue nastar, tekstur dan bentuknya pun memang hampir sama. Lalu, soal rasanya bagaimana ya?

5. Klecha – Iran

Foto : www.pinterest.ch

Kalau kalian sedang berkunjung ke Irak, kalian juga akan menjumpai makanan olahan kurma lainnya bernama Klecha. Klecha sendiri merupakan kue bolen atau pia yang menggunakan kurma dan kacang sebagai isiannya. Satu hal yang unik, kue ini beraroma aroma bunga mawar, lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *