5 Makanan Khas Kepulauan Riau

Trippers – Kepulauan Riau atau Kepri terkenal sebagai provinsi yang memiliki kekayaan hasil laut dan tempat belanja yang murah, serta lokasi yang strategis untuk menjelajah ke negeri tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Tak hanya itu namun disini kamu juga bisa mencoba makanan khas dari kota satu ini. Berikut 5 list makanan khas Kepulauan Riau yang wajib kamu cicipi.

1. Sup Ikan Batam

Foto : kumparan.com

Sup ikan batam memiliki kuah bening yang terasa sekali gurihnya. Belum lagi aroma sedap berasal dari ebi sangrai pada sup yang makin menggoda lidah. Dalam semangkuk sup ikan batam, dilengkapi juga dengan tomat hijau, sawi asin, dan daun kemangi. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tenggiri atau kakap.

2. Sup Tunjang

Foto : www.brosispku.com

Sup tunjang mempunyai bahan utama yaitu tulang sapi yang umumnya dipilih sekitar kaki dilengkapi dengan bumbu rempah yang terasa sekali di lidah. serta campuran kentang, wortel, dan daun seledri menjadi pelengkap kenikmatan sup tunjang.

3. Sup Rusa

Foto : food.malaysiamostwanted.com

Bahan utama pembuatan sup ini yaitu rusa, bukanlah jenis daging yang umum dikonsumsi oleh masyarakat di daerah lain. Tak seperti sup kambing yang mempunyai aroma strong khas daging kambing, sup rusa lebih soft sehingga kamupun akan menikmati setiap gigitan pada sup ini.

4. Gonggong

Foto : channelsatu.com

Gonggong adalah sejenis siput yang hidup di pinggir pantai. Makanan unik yang terbilang istimewa ini umumnya dipilih oleh masyarakat Kepulauan Riau sebagai camilan. untuk menikmati makanan satu ini pun tidak membutuhkan banyak bumbu, kamu hanya perlu merebusnya hingga matang dan di dampingi dengan sambal untuk menambah kelezatan dari gonggong ini. jangan lupa tusuk gigi untuk memudahkanmu dalam mengambil daging gonggong.

5. Mie Tarempa Lembab

Foto : travel.detik.com

Mie tarempa lembab disajikan dalam keadaan sedikit memiliki kuah gurih berwarna gelap. Mi tarempa lembab menggunakan jenis mi pipih untuk bahan pembuatannya. Mie ini juga memiliki rasa pedas dan kaya rempah, serta dilengkapi dengan ikan yang makin membangkitkan nafsu makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *