5 Makanan Khas Demak yang Wajib Dicoba

Trippers – Demak merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Demak tidak hanya dikenal sebagai kota wali, tapi juga populer karena memiliki beragam makanan khas yang lezat, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Apalagi semuanya bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Nah, berikut ini ada aneka macam makanan khas Demak yang wajib kamu coba. Dijamin bikin nagih deh.

  1. Nasi Ndoreng
Foto ; wartakudus.id

Jika dilihat sekilas, nasi ndoreng hampir mirip dengan nasi brongkos. Bedanya pada nasi ndoreng diberi botok dan bumbu kelapa. Biasanya nasi ndoreng dijual di warung-warung pada pagi hari dengan harga Rp10.000 per porsi.

  1. Nasi Brongkos
Foto : lifestyle.okezone.com

Masyarakat Demak biasanya menyantap nasi brongkos saat pagi hari sebagai menu sarapan. Nasi ini disajikan bersama dengan kentang, tahu, tempe, buncis, kacang merah, dan siraman kuah yang terbuat dari aneka macam rempah.

Satu porsi nasi brongkos dihargai Rp10.000.

  1. Kue Rangin
Foto : cookpad.com

Kue rangin terbuat dari tepung beras dan serutan kelapa. Rasanya gurih dan lezat. Di toko oleh-oleh, kue rangin dijual dengan harga mulai dari Rp20.000 per kotak.

  1. Sop Balungan
Foto : cookpad.com

Sop balungan khas Demak terdiri dari tulang sapi yang dimasak dengan campuran wortel, kentang,kol, dan kacang merah.

Tempat menyantap sop balungan yang paling terkenal ada di RM Cipto Roso yang beralamat di Jalan Raya Jepara-Kudus KM 03, Sekaran, Mranak, Kabupaten Demak. Harga seporsi sop balungan berkisar Rp22.000.

  1. Botok Telur Asin
Foto : sajiansedap.grid.id

Botok telur asin terbuat dari telur asin, tahu, parutan kelapa, cabai, dan daun salam. Bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, dan sedikit garam. Kemudian semua bahan tersebut dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Botok telur asin dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung makan yang ada di Demak. Harganya pun terjangkau, yaitu mulai dari Rp7.000 saja per bungkus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *