5 Makanan Khas Ciamis yang Cocok Jadi Oleh-oleh

Trippers – Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki suasana yang tenang dan udara sejuk khas pegunungan. Banyak orang dari daerah lain berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk menjelajahi beragam destinasi wisatanya yang seru dan menarik.

Berikut ini 5 makanan khas Ciamis yang cocok kamu jadikan untuk oleh-oleh.

  1. Saroja
Foto : craftlog.com

Dinamakan saroja karena kue khas Ciamis yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga saroja. Kue ini terbuat dari tepung beras putih yang dicetak menggunakan cetakan berbentuk bunga, lalu digoreng hingga matang.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang renyah. Harganya dibanderol sekitar Rp50.000 per kilogram.

  1. Galendo
Foto : www.facebook.com

Cara membuat galendo yaitu dengan memasak santan selama beberapa saat hingga mengeluarkan minyak. Endapan yang dihasilkan oleh minyak itulah yang dinamakan galendo atau blotong.

Untuk mengurangi kandungan minyak di dalamnya, galendo harus melalui proses pengepresan sebelum dilakukan proses pembentukan. Langkah terakhir galendo harus dikeringkan sebelum dijual.

Saat ini galendo dijual dalam berbagai varian rasa dengan harga Rp100.000 per kilogram.

  1. Kecimpring
Foto : www.masakapahariini.com

Kecimpring terbuat dari singkong yang telah diberi berbagai jenis bumbu rempah-rempah pilihan. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Harga kecimpring sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp35.000 per kilogram.

  1. Kue Tambang
Foto : cookpad.com

Kue tambang memiliki bentuk yang menyerupai pilinan benang atau tambang. Rasanya manis dan gurih dari gula asli dengan tekstur yang renyah. Harganya sekitar Rp50.000 per kilogram.

  1. Opak
Foto : www.lazada.co.id

Berbeda dengan opak pada umumnya yang terbuat dari singkong, opak khas Ciamis ini terbuat dari ketan yang dibentuk bulat-bulat lalu dijemur hingga kering. Selanjutnya opak siap digoreng.

Dapat dibeli di pusat oleh-oleh dan pasar tradisional di Ciamis, harga opak sekitar Rp80.000 per kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *