5 Makanan Khas Batam Memiliki Citarasa Nikmat

Trippers – Batam dikenal sebagai kota sibuk di Indonesia. Banyak pabrik sehingga pekerja dari luar kota berdatangan untuk bekerja di Batam. Jadi jangan heran jika kuliner di sana perpaduan dari berbagai kota di Indonesia.

Nah, jika nanti kamu bertandang ke Batam, setidaknya cicipi lima kuliner terenak dan terkenal di sana. Rugi lho jalan-jalan ke Batam tapi gak wisata kuliner!

  1. Otak-otak
Foto : macamresepikan.web.app

Masih olahan seafood, ada otak-otak khas Batam yang layak diburu untuk dinikmati langsung atau dijadikan oleh-oleh kepada orang tersayang. Tidak hanya dibuat dari daging ikan, ada varian otak-otak sotong yang rasanya menarik dan enak, apalagi jika dibuat dengan bahan yang masih segar, nikmat!

  1. Mie Sagu
Foto : budaya-indonesia.org

Kuliner khas Batam yang nggak boleh dilewatkan betikutnya adalah mie sagu. Seperti namanya, mie ini dibuat dari tepung sagu dan diolah dengan racikan yang istimewa, jadi jangan heran kalau rasanya enak dan nagih. Biasanya, masyarakat Batam menikmati mie sagu untuk makan malam dan dimasak cukup pedas. Bikin keringetan!

  1. Mie Tarempa
Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Mie tarempa adalah makanan khas Batam, khususnya di daerah Tarempa. Secara rasa, mie ini memang tidak jauh berbeda dengan mie dari daerah lain, tapi yang membedakan yaitu topping-nya.

Mie tarempa biasanya menggunakan daging sapi dan ada juga yang menggunakan daging siput sebagai tambahan. Selain itu ada dua variasi, yaitu mie goreng dan mie kuah.

  1. Gonggong
Foto : bisniswisata.co.id

Letak Batam yang berbatasan dengan laut menjadikan olahan seafood sebagai yang paling banyak diburu wisatawan, apalagi yang namanya gonggong. Jika kamu belum pernah dengar, maka gonggong adalah olahan siput laut yang direbus dengan air garam dan juga jahe. Soal rasa, tentu saja enak!

  1. Kue Bingka Bakar

Terbuat dari tepung, telur, santan, dan aneka bumbu lain, adonan bingka bakar kemudian dicetak dengan loyang bentuk bunga. Setelahnya, adonan itu dibakar hingga matang sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Memang sih, bingka bakar ini termasuk makanan khas saat Ramadhan, tapi sekarang sudah bisa ditemukan dengan mudah diberbagai toko oleh-oleh Batam. Enaknya sih makan bingka bakar sambil minum kopi hitam. Yummy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *