5 Makanan Berkuah Khas Kroasia yang Lezat

Trippers – Kroasia bukan saja hanya terkenal dengan wisata baharinya karena memiliki ribuan pulau eksotis. Tapi, kuliner di negara ini juga kerap di nikmati. Daging babi merupakan bahan makanan favorit di Kroasia.

Meski begitu, ada banyak jenis daging lainnya yang digunakan dalam kuliner khasnya, lho. Apa saja? Yuk, cari tahu bersama!

  1. Juha sa struklima
Foto : oblizeki.com

Sup khas satu ini menggunakan salah satu makanan Kroasia yang disebut strukli sebagai bahan utama. Strukli merupakan sejenis pastry yang diberi isian seperti telur, garam, dan keju.

Strukli yang dipakai untuk sup ini sering dibuat lebih tebal agar tidak rusak saat dimasak. Strukli akan dipotong lalu dimasak bersama dengan bawang bombai, garam, bubuk paprika, dan air. Sup ini kaya akan rasa, lho.

  1. Fis Paprikas
Foto : tasteofcroatia.org

Fis paprikas menggunakan beragam jenis ikan sebagai bahannya seperti ikan lele, carp, dan starlet. Bumbu yang digunakan pun cukup simpel, seperti bawang bombai, garam, air, dan bubuk paprika yang ditambahkan sesuai level pedas yang disuka.

Fis paprikas memiliki cara masak yang unik karena menggunakan panci khas yang kemudian dimasak di atas api dari kayu bakar. Fis paprikas juga sering dijadikan menu kompetisi memasak setiap tahunnya di Kroasia.

  1. Ajngemahtec
Foto : rollinginbudapest.com

Sup khas Kroasia ini dipercaya berasal dari ibukotanya, yaitu Zagreb. Terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti sayuran berupa seledri dan parsley, kaldu ayam, ayam dan pangsit.

Ajngemahtec memiliki arti all in one dan sering disajikan sebagai makan siang keluarga saat hari Minggu. Tak hanya itu, sup ini juga sering disajikan untuk menyembuhkan demam dan flu.

  1. Istarska Jota
Foto : croatiareviews.com

Hidangan berkuah satu ini menggunakan cukup banyak bahan seperti lobak asam, iga, kentang, bawang putih, bawang merah, dan bacon. Serta menggunakan bumbu pilihan yang bervariasi dan termasuk olive oil. Istarska jota dulunya dianggap sebagai makanan untuk orang-orang miskin.

  1. Gregada
Foto : www.total-croatia-news.com

Gregada merupakan hidangan berkuah yang berbahan utama kentang dan ikan laut. Kentang yang digunakan akan diiris tipis bersama bawang bombai lalu ditambahkan white wine, air, bawang putih, parsley, dan seledri. Gregada sendiri sudah ada sejak 2000 tahun lalu di Dalmatia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *