5 Kuliner Khas Skotlandia yang Wajib di Coba

Trippers – Skotlandia merupakan negara yang terletak di Eropa bagian utara. Meskipun wilayahnya sangat jauh dari pusat Eropa, namun Skotlandia punya daya tarik tersendiri untuk memikat hati wisatawan salah satunya dengan hidangan yang lezat.

Jika kamu sedang berkunjung ke Skotlandia, berikut ada 5 hidangan lezat yang wajib kamu cicipi kelezatannya. Apa saja hidangan lezat tersebut? Simak ulasannya berikut.

1. Dundee Cake

Foto : www.daringgourmet.com

Salah satu kue yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Skolandia adalah dundee cake. Hidangan khas ini dibuat oleh sebuah perusahaan kue di Skotlandia pada abad ke-19. Kue ini sudah dikenal banyak orang Skotlandia karena cita rasanya yang nikmat.

Meskipun memiliki rasa yang nikmat, bahan dari kue ini terbilang sangat mahal karna terbuat dari kacang almond, kismis, dan beberapa kulit buah pilihan dengan kualitas tinggi. Dijamin deh bikin kamu langsung laper dalam sekali tatapan.

2. Scotch Pie

Foto : en.wikipedia.org

Skotlandia memiliki pie paling lezat sedunia yakni bernama scotch pie. Memiliki bentuk yang kecil membuat pie ini mudah dibawa kemana pun sebagai cemilan. Selain itu, nyatanya pie ini memiliki cita rasa yang sungguh lezat karna isi dari pie ini adalah rempah-rempah yang bercampur dengan daging domba.

Pie ini memiliki tekstur yang keras di luar namun sangat lembut di dalam. Jika kamu sudah mencicipinya sekali saja, kamu akan menjadikan pie ini sebagai pie paling lezat yang wajib kamu cicipi sekali dalam sehari.

3. Cranachan

Foto : www.seriouseats.com

Jika kamu ingin membeli hidangan lezat Skotlandia dengan uang yang minim, Cranachan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. Cranachan merupakan hidangan sebagai pencuci mulut yang berbahan dasar outmeal.

Kemudian, outmeal tersebut dipanggang dan dicampur dengan whipped cream, madu, dan rasberi. Hampir semua orang Skotlandia bisa meracik hidangan ini karena sangat mudah untuk dilakukan. Namun, kamu tetap bisa menemukan hidangan ini di toko kuliner terdekat di Skotlandia yang pastinya dengan harga yang miring.

4. Haggis

Foto : foodanddrink.scotsman.com

Meskipun sekilas mirip dengan nasi kuning, namun haggis tetap berbeda dengan nasi kuning. Haggis adalah salah satu hidangan terlezat di Skotlandia dengan jeroan kambing sebagai inti dari sajian ini. Makanan ini terbuat dari hati, paru-paru, dan jantung domba yang dikombinasikan dengan rempah-rempah tradisional sehingga tercipta cita rasa yang nikmat.

Semua bahan tersebut dicampur dan dimasukkan ke lambung domba. Kemudian direbus hingga matang. Setelah matang, kamu bisa mencicipinya dengan bentuk yang sudah kamu potong tipis ataupun bentuk asli yang sudah tercium aroma lezatnya.

5. Abroath Smokie

Foto : www.bbc.co.uk

Ada sejarah unik yang menjadikan abroath smokie menjadi hidangan terlezat di Skotlandia. Semua itu berawal dari gudang penyimpanan ikan haddock. Seuatu ketika sebuah gedung penyimpanan yang berisi ikan haddock terpanggang karna tidak sengaja terbakar.

Namun, ikan yang tidak sengaja terpanggang tersebut malah memiliki rasa yang lezat dan gurih. Nah, dari peristiwa itulah muncul hidangan abroath smokie yang berisikan tentang ikan haddock yang dipanggang dengan sedikit bumbu yang lezat dan gurih.

Itulah kelima hidangan lezat khas Skotlandia yang wajib kamu cicipi kala berkunjung Skotlandia. Jangan lupa juga untuk membelinya sebagai oleh-oleh saat kembali lagi ke rumah!

 

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Polandia yang Enak Sebagai Penutup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *