5 Kuliner khas Padang bukan Rendang

Trippers – Padang merupakan kota di pesisir barat Pulau Sumatera. Jika disebut kata Padang, makanan yang terlintas pertama kali di benak kita adalah rendang. Olahan daging sapi yang dimasak menggunakan santan dan gilingan bumbu rempah yang lengkap. Citarasanya yang gurih dan pedas memang membuat rendang menjadi kuliner favorit, tak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

Tapi tahukah kamu kalau Padang tak hanya memiliki rendang sebagai masakan andalannya loh. Dalam campuran kuliner Padang, ada banyak hidangan selain rendang yang pastinya tak kalah lezat.

Mau tahu apa saja itu? Yuk langsung saja kita simak!

1. Cancang

Foto: id.pinterest.com

Dari namanya kita sudah bisa menebak kuliner ini merupakan kuliner yang diolah dengan cara dicincang. Bahan utama pembuatan cancang adalah bagian paha atas daging kambing. Bagian ini dianggap sebagai bagian daging kambing yang paling lezat.

Bumbu cancang memang tidak jauh berbeda dengan rendag hanya saja cancang tidak disajikan kering melainkan merupakan masakan berkuah.

2. Palai Rinuak

Foto: id.wikipedia.org

Masakan ini memang terdengar asing di telinga. Namun jika sudah melihat bentuknya kita akan tahu bahwa palai Rinuak merupakan pepes ikan dengan ciri khas menggunakan ikan kecil seperti ikan teri bernama ikan rinuak.

Cita rasa palai rinuak tentu saja berbeda dengan pepes ikan biasa, karena rempah yang digunakan pada palai rinuak terbilang beragam dan melalui proses yang cukup panjang. Hal inilah yang bakal membuat lidahmu ketagihan dengan lezatnya palai rinuak.

3. Dendeng Batokok

Foto: selerasa.com

Dendeng batokok adalah masakan khas Padang yang mirip dengan Rendang. Hanya saja dendeng batokok merupakan dendeng yang dimasak menggunakan bumbu sambal hijau.

Mendapat nama batokok karena memang dendeng akan dipukul-pukul sebelum dimasak. Proses pemukulan ini bertujuan untuk membuat tekstur daging terasa empuk.

4. Teh Talua

Foto: bisniswista.co.id

Teh yang satu ini berbeda dengan teh biasa dari daerah lain. Teh talua menggunakan telur sebagai bahan campuran pembuatan teh.

Meski menggunakan telur, kamu tidak akan merasakan amis telur dari minuman ini loh. Sebab selain diberi campuran telur, teh ini juga diberi perasan jeruk nipis sehingga bau amis telur akan lenyap seketika. Dan yang tersisa hanyalah rasa hangat dan menyegarkan dari teh talua.

5. Sate Padang

Foto: urbanasia.com

Para pecinta sate tentunya tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Karena memang sate Padang kini sudah menjamur di setiap daerah di Indonesia. Yang membedakan sate Padang dengan sate di tempat lain adalah kuah satenya yang gurih.

Jika kuah sate biasanya terbuat dari kuah kacang ataupun kecap. Lain dengan sate Padang, kuahnya terbuat dari campuran bawang, cabai hingga serai yang dimasak. Kuah sate Padang selain rasanya yang lebih gurih dan asin, kuah sate Padang terbilang cukup kental dan akan tambah lezat jika ditambah keripik singkong sebagai pendamping makan bersama lontong.

>>> Silahkan Share artikel diatas, dengan mengklik aplikasi di bawah ini ::

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *