5 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba di Kalimantan Timur

Setiap daerah pastinya memiliki kuliner yang berbeda-beda dengan kekhasannya masing-masing, begitu juga dengan Bumi Mulawarman ini, ya sobat trippers Bumi Mulawarman adalah sebutan untuk Kalimantan Timur, jika traveling kesini tentunya ada beberapa makanan yang jangan sampai terlewatkan oleh lidah kita, ciri khas kuliner di Kalimantan Timur ini mulai dari olahan ikan, daging, sayuran bahkan sampai makanan laut lainnya. Trippers.id akan rangkumkan buat sobat trippers. Yuk kita cek ;

1. Gance Ruan

Foto: makanabis.com

Bagi wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur mendengar kata Gance Ruan mungkin terdengar sedikit aneh, Gance Ruan merupakan kuliner khas Kalimantan Timur bercitarasa pedas, yaitu rica-rica dari Kutai Kartanegara, Ruan merupakan nama ikan “Haruan” atau ikan Gabus dan Gance artinya nama dari Bumbu hidangan ini sobat trippers.

2. Rabo Ruan

Foto: grid.id

Rabo Ruan merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar ikan lagi nih sobat trippers, Rabo Ruan ini juga berbahan ikan “Haruan” atau gabus. Tetapi jelas berbeda dengan Gance Ruan karena Rabo Ruan ini mirip sekali dengan abon, bisa dikatakan Abon dari ikan Gabus, cocok sekali dimakan dengan nasi hangat, uuuuh nikmatkan, sobat trippers.

3. Amplang

Foto: traveloka.com

Makanan yang satu ini bisa dibawa sebagai buah tangan ciri khas Kalimantan Timur, biasanya disebut Kerupuk Amplang merupakan salah satu kuliner yang banyak diminati sobat trippers karena rasanya gurih dan tentunya rasa ikan yang terasa sekali serta tentunya bentuknya yang unik, selain itu kerupuk Amplang ini bisa dijadikan cemilan juga loh, sobat trippers.

4. Sambal Gami Udang

Foto: wisatapro.com

Asal dari Sambal Gami Udang ini adalah Bontang yaitu kota pesisir di Kalimantan Timur, dari namanya saja sudah terlihat ada yang spesial dari sambal ini yaitu udang, mengutip dari kaltimtoday.com cara pembuatan sambal Gami Udang yaitu Sambal gami diolah dengan cara digoreng. Pertama-tama, bumbu-bumbu dipotong, sedangkan cabai bisa diulek. Setelah itu, cabai halus digoreng, barulah diberi bumbu-bumbu yang sudah dipotong kecil. Bumbu-bumu cukup dipotong-potong supaya sambal lebih kasar. Menggungah selera bukan, sobat trippers.

5. Nasi Bekepor

Foto: kulinerhunter.com

Nasi yang satu ini adalah nasi liwet yang dipadukan dengan berbagai bumbu rempah khas Kutai Kartanegara dengan minyak sayur dan ikan asin, cita rasa gurihnya dijamin bikin lidahmu klepek-klepek deh, sobat trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *