5 Kuliner dengan Nama Unik dari Indonesia

Trippres.id – Kuliner Indonesia memang terkenal banyak ragamnya ya, Trippers. Mulai dari yang biasa-biasa saja, bahannya yang tidak biasa, hingga memiliki nama yang tidak biasa.

Kira-kira kuliner apa saja sih yang memiliki nama aneh dan terkesan nyeleneh di Indonesia? Tanpa basa-basi lagi yuk kita cek!

1. Nasi Kentut

nasi kentut dengan ayam bakar
Foto: makanabis.com

Nasinya bisa kentut? Atau baunya bau kentut? Kuliner yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara tepatnya dari Medan ini memang memiliki nama yang unik. Nasi kentut sendiri disematkan karena pada proses pembuatannya, nasi akan diberi campuran daun kentut kemudian di bungkus daun pisang. Mirip nasi uduk bakar, bedanya ini menggunakan daun kentut ya, Trippers bukan kemangi.

Meski bernama kentut, nasi kentut sama sekali tidak punya bau busuk yang menyengat loh, Trippers. Justru nasi kentut memiliki aroma yang akan merayu lidah dan perutmu untuk makan.

2. Kuku Macan

kerupuk kuku macan khas balikpapan
Foto: shopee.co,id

Makan kuku macan? Siapa takut! Kuliner kuku macan ini adalah sejenis kerupuk yang biasanya diberi campuran ikan tenggiri.
Sebenarnya kuku macan adalah kerupuk amplang atau kerupuk getas, hanya saja di Balikpapan dia memiliki bentuk yang kerucut dan bengkok, membuatnya mirip dengan kuku macan.

3. Tahu Gimbal

tahu gimbal khas semarang
Foto: idntimes.com

Bagi kamu yang asing dengan kuliner tahu ini, jangan berpikir bahwa tahunya nanti bergumpal seperti rambut gimbal loh, Trippers. Dinamai tahu gimbal karena tahu ini di goreng hingga kering dan mengeras seperti rambut gimbal.

Kuliner khas dari Semarang ini sendiri sekilas mirip dengan ketoprak hanya saja kuah kacangnya sedikit cair dan ukuran tahunya biasa dipotong kecil-kecil.

kue tete atau serabi jakarta khas betawi
Foto: ciricara.com

Trippers jangan mikir jorok dulu ya. Kuliner khas Betawi ini nyatanya masih “bersaudara” dengan kue serabi. Kue tete sendiri memiliki bentuk yang unik, dengan pinggiran garing yang lebar serta bagian tengahnya yang tebal menonjol.
Rasanya yang manis-manis gurih ditambah lagi dengan aroma wangi pandan, pasti bikin kamu kepincut sama kue yang satu ini, Trippers.

5. Kerupuk Melarat

kerupuk melarat dari Cirebon
Foto: ringkaskata.com

Trippers jangan sampai kasihan dengan makanan ini ya, karena kerupuk ini tidak beneran melarat kok. Melarat sendiri diberikan karena proses memasak kerupuk yang tidak menggunakan minyak melainkan pasir.

Pasir bukan sembarang pasir ya loh, Trippers. Pasir yang digunakan untuk memasak kerupuk ini sudah dibersihkan terlebih dahulu, barulah digunakan untuk memasak kerupuk.

Kerupuk melarat sendiri biasa menjadi oleh-oleh khas Cirebon dan bisa kamu temukan di pinggir jalan loh, Trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *