5 Kuliner Berbahan Utama Seafood Khas Pekanbaru

Trippers – Provinsi Riau dengan ibu kota Pekanbaru rupanya memiliki hasil laut yang melimpah. Sehingga seafood menjadi makanan paling diminati warga Pekanbaru.

Beragam makanan laut khas menjadi salah satu alasan banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini selain untuk mengunjungi objek wisata. Mulai dari olahan ikan sampai udang semuanya tersedia lho.

Penasaran apa saja olahan makanan laut nikmat khas Pekanbaru? Simak yuk!

  1. Gulai Siput
Foto : travel.tribunnews.com

Dari namanya, kita sudah tahu kalau gulai ini berbahan dasar siput dan sering disebut dengan nama gulai cipuik atau lengkitang. Daging siput yang lezat menyatu dengan bumbu rempah khas Melayu menjadi santapan nikmat dengan nasi hangat.

Cara makannya pun tentu unik karena harus menyedot daging siput terlebih dulu. Jangan sampai gak mencicipi makanan satu ini saat berkunjung ya!

  1. Asam Pedas Ikan Baung
Foto : eljohnnews.com

Makanan khas ini berbahan utama ikan baung yang merupakan ikan sejenis lele namun memiliki daging yang lebih tebal. Sesuai namanya, rasa khas kuahnya bercita rasa asam pedas.

Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, serai, lengkuas, serta air asam jawa. Meskipun asalnya dari Melayu, namun rasanya benar-benar cocok untuk warga Pekanbaru lho.

  1. Ikan Cuka
Foto : www.saribundo.biz

Ikan cuka merupakan makanan khas berbahan ikan tenggiri yang digoreng kemudian diberi saus atau kuah cuka. Kuah cuka sendiri dibuat dari bumbu seperti cabai merah, jahe, pala, lada, daun jeruk, gula, garam, dan serai.

Cita rasa ikan ini sangat lezat karena gurihnya ikan yang digoreng bercampur dengan bumbu kuah cuka bikin gak bisa berhenti makan. Ikan cuka kini sudah banyak ditemukan di daerah lain karena rasanya memang menggugah selera.

  1. Gulai Belacan
Foto : healthy.co.id

Beralih dari ikan, Pekanbaru juga punya makanan olahan udang lho. Lezatnya udang dibumbui dengan kuah santan gulai yang dicampur dengan asam jawa, lada, dan kemiri.

Udang yang digunakan bisa dengan udang laut atau udang sungai. Dan untuk pencinta petai, bisa menambahkan petai sebagai pelengkap gulai belacan ini lho.

  1. Gulai Ikan Patin
Foto : cookpad.com

Gulai memang makanan paling banyak dijumpai di Pekanbaru. Seperti Gulai Ikan Patin ini yang menjadi makanan khas paling favorit dan selalu dicari di Pekanbaru.

Rasa dari gulai ini gurih dan nikmat karena kuah hasil rendaman ikan patin sehingga berwarna kuning dan tambahan bunga kecombrang. Gulai patin lebih lezat jika disantap dengan nasi hangat dan lauk pelengkap lainnya. Yummy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *