5 Kelenteng Paling Keren di Indonesia, untuk Wisata Imlek!

Trippers – Kalau diperhatikan, jumlah kelenteng di Indonesia cukup banyak. Hal ini membuktikan bahwa budaya Tiongkok sudah mendarah daging di Indonesia.

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kelenteng akan terlihat lebih meriah dan indah. Dekorasi khas warna merah membuat suasana kelenteng semakin semarak dari hari biasa.

Dari sekian banyaknya kelenteng, berikut beberapa kelenteng paling indah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Bisa jadi rekomendasi wisata religi saat Imlek, nih!

  1. Kelenteng Chandra Nadi, Sumatra Selatan
Foto : koransn.com

Kelenteng Chandra Nadi, Sumatra Selatan, lebih dikenal dengan nama Dwi Kwan Im. Terdapat banyak altar berisi patung di sini, seperti Buddha Gautama dan Bodhistva.

  1. Kelenteng Kwan Sing Bio, Jawa Timur
Foto : regional.kompas.com

Kelenteng Kwan Sing Bio, Jawa Timur, dikenal sebagai kelenteng terbesar di Asia Tenggara. Luasnya mencapai empat hektare dengan didominasi warna merah, kuning, dan hijau.

  1. Kelenteng Xian Ma
Foto : kabarpolitik.com

Kelenteng Xian Ma adalah rumah ibadah umat Buddha di Makassar, Sulawesi Selatan. Arsitekturnya sangat oriental berwarna merah dan emas dengan patung Nam Maitreya.

  1. Kelenteng Sanggar Agung, Jawa Timur
Foto : www.surabayarollcake.com

Kelenteng Sanggar Agung, Jawa Timur, terbilang sangat unik, karena dibangun di atas laut. Terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter dan dua naga raksasa di pinggir laut.

  1. Kelenteng Caow Eng Bio
Foto : ttnotes.com

Kelenteng Caow Eng Bio tampak unik dengan gaya arsitektur tropis khas Bali dan Tiongkok. Terdapat prasasti kuno mengisahkan Kaisar Guangxu di kelentang yang dibangun pada 1548.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *