5 Jenis Bubur Khas Rumania yang Wajib Kamu Coba

Trippers – Rumania adalah salah satu negara yang terletak di benua Eropa. Negara ini terkenal dengan beragam kulinernya yang sukses menggoyang lidah. Banyak menu yang bisa dipilih, mulai dari salad, sup, kue, olahan daging, keju, hingga roti.

Salah satu makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke negara ini adalah buburnya. Bubur khas Rumania mempunyai beragam rasa yang seru untuk dicoba, mulai dari asin, manis, hingga gurih. Hidangan tersebut juga cukup membuat perut kenyang. Berikut lima jenis bubur paling terkenal di Rumania, mau coba?

  1. Mamaliga Cu Lapte
Foto : cookpad.com

Mamaliga cu lapte merupakan makanan khas Rumania yang terdiri dari bubur jagung yang disajikan dengan susu. Cara pembuatannya yaitu dengan memasak tepung jagung dalam air asin sampai ramuan mencapai konsistensi yang kental dan halus. Selanjutnya dibiarkan sedikit dingin dan mengeras sebelum dipotong-potong menggunakan seutas tali dapur.

Langkah selanjutnya yaitu irisan tepung jagung diletakkan ke dalam mangkuk dan ditutup dengan susu panas sebelum dihidangkan. Tak hanya asin, terdapat pula versi manis yang menggunakan gula sebagai pengganti garam dan menggabungkan bubur dengan susu dan buah-buahan.

  1. Mamaliga Cu Brânza
Foto : www.gustos.ro

Mamaliga cu brânza adalah bubur jagung tradisional ala Rumania yang disebut mamaliga. Bubur ini dikombinasikan dengan keju putih dalam makanan Rumania yang sederhana ini. Cara pembuatannya yaitu mencampurkan tepung jagung, garam, dan air yang dituangkan secara bertahap ke dalam air yang sudah mendidih dan dimasak hingga memiliki tekstur yang kental dan halus.

Setelah semua proses pembuatan selesai, bubur jagung umumnya akan dihidangkan dengan berbagai jenis keju putih lembut Rumania seperti telemea atau brânza de burduf.

  1. Taci Si Înghite
Foto : www.bucataras.ro

Taci i nghite dijadikan sebagai makanan pokok oleh penduduk lokal. Bubur ini terdiri dari mamaliga lembut yang dipadukan dengan campuran keju asin dan krim asam dalam lapisan berselang-seling.

Bubur ini makin lezat saat disajikan dalam keadaan yang hangat dan cukup mengenyangkan. Bubur umumnya diberi taburan keju parut dan telur, lalu dipanggang dalam oven. Bubur juga sering di beri tambahan daging goreng, seperti bacon dan sosis.

  1. Mămăliguță Cu Brânză Şi Smântănă
Foto : www.retetepractice.ro

Mămăliguță Cu Brânză Şi Smântănă merupakan bubur yang menggabungkan bubur jagung tradisional ala Rumania dengan keju dan krim asam. Cara pembuatannya yaitu tepung jagung secara bertahap ditambahkan ke dalam air asin yang telah mendidih dan kemudian dimasak sampai mengental dan halus.

Bubur bisa memiliki tekstur lebih lembut atau lebih tebal, tergantung pada preferensi masing-masing. Untuk semakin membuat bubur menjadi lezat, dapat dilapisi dengan keju parut, krim asam, dan juga telur rebus sebelum dihidangkan. Biaa juga hanya ditambahkan dengan keju parut dan beberapa sendok makan.

  1. Mamaliga
Foto : www.lauralaurentiu.ro

Mamaliga merupakan bubur tradisional Rumania dan hidangan nasional negara. Bubur ini adalah hidangan tepung jagung rebus yang sangat sederhana yang dimasak sebagian besar oleh petani di masa lalu, yang berfungsi sebagai pengganti roti.

Para petani akan menyiapkan bubur ke dalam ketel beralas bundar yang dikenal sebagai ceaun. Setelah dingin dan mengeras, bubur ini akan diiris dengan seutas tali. Untuk hasil akhir, bubur sering diberi topping mentega, krim asam, atau keju cascaval. Dijaman modern saat ini, banyak orang yang juga menjadikan telur atau udang sebagai topping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *