5 Wisata Hutan Pinus di Jawa Barat yang Instagenic Banget

Trippers – Letaknya yang berada tak jauh dari Jakarta membuat Jawa Barat menjadi tempat ideal untuk menghabiskan liburan. Maka tak heran, banyak warga ibu kota dan sekitarnya memadati sekitar Jawa Barat pada akhir pekan untuk sekadar menghabiskan liburan singkat.

Kondisi geografisnya yang berada di perbukitan juga membuat Jawa Barat memiliki beragam wisata alam yang dapat kamu kunjungi, salah satunya hutan pinus. Selain punya panorama alam yang indah, deretan pohon di hutan pinus tersebut juga memiliki spot foto Instagenic yang sayang untuk dilewatkan.

1. Hutan pinus Rahong

Foto : brisik.id

Dapat dikatakan hutan pinus Rahong adalah destinasi favorit warga kabupaten Bandung, terlebih mereka yang bermukim di sekitar kecamatan Pangalengan. Pasalnya, gak hanya menyajikan pesona pohon-pohon pinus, melainkan kamu juga bisa rafting di hutan ini.

Sebab di antara rindangnya pohon pinus, terdapat aliran sungai yang cukup deras dan akhirnya menjadi spot untuk melakukan olahraga air tersebut.

Daya tarik lainnya dari hutan pinus Rahong adalah adanya rumah kayu kecil dan jembatan kayu yang membelah sungai, sehingga acap kali menjadi lokasi untuk berswafoto.

2. Hutan pinus Argalingga

Foto : www.youtube.com

Berada di kabupaten Majalengka, tepatnya di kaki gunung Ciremai bagian barat, hutan pinus Argalingga dikenal pula sebagai Bumi Perkemahan (Buper) Cipanten. Sebab area hutan tersebut memang kerap menjadi tujuan camping, baik kemah secara mandiri maupun rombongan dari sekolah atau komunitas.

Namun, kamu yang gak berniat mendirikan tenda di hutan pinus Argalingga, gak perlu risau karena ada banyak warung dan fasilitas outbound yang bisa kamu coba. Kerapatan pohon pinus di hutan ini juga sering dijadikan spot foto prewedding.

3. Hutan pinus Gunung Pancar

Foto : rubrikwisata.com

Kalau hutan pinus yang satu ini sepertinya sudah gak asing lagi di telingamu, khususnya buat kamu warga Bogor dan sekitarnya. Berada di kawasan Sentul, hutan pinus Gunung Pancar memang selalu jadi idola untuk berakhir pekan. Entah untuk camping, piknik ceria, foto-foto di spot instagramable, atau sekadar ngobrol ngalor ngidul bersama orang terkasih.

Meskipun tersedia banyak pilihan warung makan di sini, tapi gak sedikit pula pengunjung yang sengaja datang dengan membawa bekal makanan dari rumah. Mereka yang gak bawa tikar, bisa menyewanya di lokasi dengan ongkos yang terjangkau. Fasilitas seperti toilet dan musala sudah tersedia dengan baik di destinasi ini.

4. Hutan pinus Suaka Elang Loji

Foto : domigado.com

Sesuai namanya, kamu gak hanya akan dimanjakan oleh hijaunya pohon pinus di Suaka Elang Loji, tapi juga bisa menjumpai kandang burung elang di dalamnya. Sejuknya suasana rindang hutan makin sempurna oleh kehadiran jembatan gantung yang membelah hutan pinus.

Kalau kamu berminat mengeksplorasi hidden gem di Suaka Elang Loji, kamu bisa trekking ke curug Badak yang punya aliran air super jernih dan segar. Biar makin lengkap, gak ada ruginya untuk sekalian buka tenda di sini dan nikmati serunya camping di bawah hutan pinus. Tertarik?

5. Hutan pinus Darmacaang

Foto : djavatoday.com

Sejuknya udara pegunungan bisa kamu dapatkan di hutan pinus Darmacaang yang berlokasi di desa dengan nama yang sama, yaitu desa Darmacaang, kecamatan Cikoneng, kabupaten Ciamis. Deretan hammock yang dapat disewa pengunjung selama seharian terlihat di barisan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang.

Selain populer sebagai lokasi menyantap nasi liwet khas Sunda, tempat ini juga sering menjadi tujuan para pesepeda. Di salah satu sudut hutan yang merupakan bagian dari kaki gunung Sawal, kamu bisa menjumpai pemandangan Kota Ciamis dari kejauhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *