5 Danau di India yang Mempesona

Trippers – India termasuk salah satu negara di dunia yang memiliki banyak sekali danau-danau indah yang tersebar di beberapa provinsi. Dengan menawarkan suasana alam yang tenang serta udara segar, beberapa danau tersebut juga mempunyai latar belakang yang menakjubkan dimana pengunjung bisa melihat pugunungan yang menjulang tinggi hingga hutan yang lebat. Selain itu, kamu juga dapat melakukan hal-hal menarik seperti berenang, berperahu dan memancing.

Terletak di daerah dataran tinggi dan dataran rendah dengan akses jalan menuju lokasi yang cukup mudah, inilah lima danau terindah di India yang patut untuk kamu kunjungi.

  1. Danau Gurudongmar
Foto : www.piqsels.com

Dikelilingi oleh pegunungan es yang menjulang tinggi, danau Gurudongmar merupakan salah satu danau dengan letak paling tinggi di dunia.

Dilansir dari laman Oyorooms, danau ini menjadi tempat suci bagi umat Hindu dan Buddha. Sedangkan air yang ada di Gurudongmar berasal dari aliran es yang mencair dari pegunungan Himalaya. Pada musim panas, biasanya akan diadakan acara yang sangat meriah di sekitar danau ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau Gurudongmar adalah pada bulan November hingga Juni.

  1. Danau Dal
Foto : www.tripadvisor.co.id

Danau Dal merupakan objek wisata alam paling terkenal yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah Srinagar.

Dilansir dari laman Nativeplanet, danau ini membentang luas sepanjang 26 kilometer yang memiliki pemandangan alam sekitar yang menakjubkan. Salah salah aktivitas paling seru yang dapat dilakukan di tempat ini adalah menaiki perahu untuk mengilingi danau Dal yang berlatar belakang pegunungan Himalaya yang menjulang tinggi.

Agar dapat merasakan suasana malam yang indah, para pengunjung bisa bermalam di rumah perahu yang berada di sekitar danau yang memiliki fasilitas seperti kamar tidur, ruang makan, dan balkon.

  1. Danau Chandratal
Foto : www.moxtain.com

Terletak di atas ketinggian 4300 meter dari permukaan laut, danau Chandratal termasuk salah satu danau yang berada di kawasan Himalaya, India. Danau ini dapat diakses dengan mengendarai sepeda motor yang menyusuri jalur jalan berkelok-kelok.

Biasanya, danau Chandratal ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya para pecinta alam pada saat cuaca sedang bagus. Saat berada di tempat ini kamu dapat melihat suasana alam sekitar danau yang memesona sambil menikmati minuman hangat.

Akan tetapi, banyak larangan yang harus kamu patuhi saat berkunjung ke danau Chandratal termasuk dilarang mendirikan kemah di sekitar danau yang bertujuan agar memelihara kebersihan alam sekitar.

  1. Danau Loktak

Danau Loktak terletak di wilayah Manipur dan menjadi bagian dari Taman Nasional Keibul Lamjo yang merupakan satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia.

Yang uniknya dari danau ini adalah semua tanah dan tumbuh-tumbuhan mengapung di atas air yang membuat pemandangannya terlihat menakjubkan. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi banyak fotografer untuk berkunjung ke danau Loktak sepanjang tahun. Untuk datang ke tempat ini kamu harus menyediakan pakaian tebal karena cuacanya yang cukup dingin.

  1. Danau Damdama
Foto : www.tripadvisor.co.id

Damdama merupakan danau terbesar yang berada di wilayah Haryana, India. Tempat ini juga menjadi habitat dari 190 spesies burung yang hidup di sekitar danau. Air di danau ini sebagian besar dialiri oleh air hujan. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk datang ke danau Damdama saat musim hujan yang terjadi antara bulan Juli hingga September.

Nantinya pengunjung akan dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti memancing, berenang, dan menaiki kayak. Selain itu, kamu juga bisa bersepeda atau jogging di tepi danau sambil menghirup udara yang segar.

Nah, itulah beberapa danau terindah yang terdapat di negara India. Dengan suasana yang tenang karena terletak jauh dari pusat keramaian membuat danau tersebut cocok buat kamu yang ingin merilekskan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *