5 Curug Hits di Bandung yang Wajib Masuk Bucket Listmu!

Trippers – Bandung merupakan salah satu primadona wisata di Indonesia. Pasalnya, ibu kota Jawa Barat ini memiliki pemandangan alam yang memesona dan memiliki udara yang sangat sejuk karena berada di dataran tinggi.

Selain itu, Bandung juga menjadi tujuan wisata favorit bagi para warga Jakarta untuk berlibur di kota ini setiap akhir pekannya karena letaknya yang tidak jauh dari ibu kota Indonesia tersebut.

Salah satu tujuan wisata terfavorit di Bandung adalah wisata alamnya, seperti gunung, danau, hingga air terjun atau curug. Nah, berikut ini 5 rekomendasi curug paling eksotis dan hits di Bandung yang wajib masuk bucket list-mu saat berkunjung di kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini.

Check it out guys!

  1. Curug Penganten
Foto : jejakpiknik.com

Curug Penganten gak kalah eksotisnya dengan Curug Maribaya, lho. Curug yang terletak di area lembah hijau ini memiliki pemandangan alam yang menawan dan asri. Selain itu, Curug Penganten ini juga menyajikan pemandangan dua air terjun yang memesona.

Meski letak kedua air terjun ini berdampingan, namun arus air terjun yang satunya lebih deras dan alirannya lebih besar dari air terjun yang satunya.

Nah, untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 per orang. Alamat lengkap Curug Penganten yaitu Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

  1. Curug Maribaya
Foto : dolanyok.com

Curug paling eksotik di Bandung yang pertama yaitu Curug Maribaya. Curug Maribaya merupakan salah satu curug terfavorit di Bandung, lho.

Curug yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang ini lokasinya dekat dengan The Lodge Maribaya, yang merupakan salah satu destinasi wisata paling hits di Bandung. Dengan begitu, para pengunjung bisa mampir ke The Lodge Maribaya setelah puas menghabiskan waktu di curug yang eksotis ini.

Curug Maribaya gak hanya menawarkan pemandangan alam yang memesona saja, namun juga memiliki banyak fasilitas menarik lainnya, seperti pemandian air panas, wahana playground, Sky Bridge Tapak Halimun, gazebo, taman yang dilengkapi kursi-kursi kayu, cafe, restoran, musala, kamar bilas, toilet, hingga tempat untuk mengadakan acara yaitu Amphitheatre Bale Pinton, yang bisa menampung hingga 200 orang.

Nah, untuk harga tiket masuknya juga terjangkau yaitu sekitar Rp35.000 per orang untuk hari biasa. Sedangkan untuk weekend dan tanggal merah yaitu sekitar Rp 45.000 per orang.

Untuk alamat lengkap Curug Maribaya yaitu Jl. Raya Maribaya, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

  1. Curug Cimahi
Foto : www.tourbandung.com

Jika wisata curug lainnya umumnya hanya buka dari pagi sampai sore saja, maka berbeda dengan Curug Cimahi ini, lho. Curug yang memiliki tinggi sekitar 87 meter ini buka hingga malam hari.

Pada malam hari, lampu-lampu di sekitar terjun akan menyala warna-warni seperti pelangi. Akibat hal tersebut, Curug Cimahi ini lebih dikenal dengan nama ”Curug Pelangi”. Namun jika cuaca sedang buruk, maka Curug Cimahi akan tutup lebih awal dari biasanya.

Selain itu, juga tersedia gardu pandang di beberapa titik saat akan menuruni anak tangga menuju lokasi air terjun. Para pengunjung bisa memanfaatkan gardu pandang ini untuk beristirahat sejenak, sambil menikmati keindahan pemandangan air terjun dari kejauhan. Menariknya lagi, para pengunjung juga bisa berselfie ria dengan background air terjunnya, lo. Wah, keren bukan?

Nah, untuk fasilitasnya juga sudah lumayan lengkap seperti tersedianya musala, toilet, warung, dan lahan parkir.

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 per orang. Alamat lengkap Curug Cimahi yaitu Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

  1. Curug Malela
Foto : tempatwisatadibandung.info

Nah, ini dia curug yang sedang hits di Bandung yaitu Curug Malela. Curug Malela dijuluki ”Niagara Mini Jawa Barat”, karena bentuknya yang lebar, yang mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di Kanada.

Selain itu, Curug Malela gak hanya memiliki pemandangan alam yang menawan dan juga asri, namun juga memiliki berbagai spot foto yang menarik, seperti jembatan Nusa Indah dengan background curug Malela, tempat berbentuk lingkaran dengan tulisan Curug Malela, dan spot-spot foto menarik lainnya yang ada di sekitar air terjun ini.

Nah, untuk fasilitasnya juga lumayan lengkap seperti warung makanan dan minuman, toilet, dan area parkir untuk motor dan mobil. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.500 per orang.

Untuk alamat lengkapnya Curug Malela yaitu Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

  1. Curug Tilu leuwi opat
Foto : www.hargatiket.net

Curug Tilu Leuwi Opat gak kalah eksotisnya dengan curug-curug di Bandung lainnya. Bahkan curug ini merupakan perpaduan dari beberapa objek, yaitu curug (air terjun), leuwi (sungai), goa, dan hutan alami.

Diberi nama Curug Tilu Leuwi Opat karena air terjunnya terpecah menjadi tiga aliran. Setiap aliran mempunyai tinggi yang tampak bertingkat-tingkat, sehingga terlihat sangat memesona dari arah bawah. Selain itu, di Curug Tilu Leuwi Opat ini terdapat 4 buah curug, yang letaknya cukup dekat dengan curug lainnya, sehingga para pengunjung bisa menikmati keindahan semua curug tersebut dalam satu kunjungan.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan 2 goa yang juga masih satu kawasan dengan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini. Namun untuk mengunjungi dua goa yang bernama Goa Toke dan Goa Lalay ini diperlukan perjuangan yang cukup keras dan melelahkan karena medannya yang lumayan ekstrem.

Nah, untuk fasilitasnya juga sudah lumayan lengkap seperti tersedianya masjid, warung makan, wahana permainan, camping ground, toilet, dan tempat parkir yang luas. Wahana permainan yang bisa dinikmati yaitu arung jeram, paintball, camping, flying fox, perahu rakit, panjat tebing, shaking bridge.

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp 20.000 per orang untuk weekend dan tanggal merah. Alamat lengkap Curug Tilu Leuwi Opat yaitu Jl. Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *