5 Camilan Khas Bengkulu yang Menggugah Selera

Trippers – Camilan merupakan makanan yang paling sering diincar wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah. Hal ini karena bisa dijadikan buah tangan.

Di berbagai daerah di Indonesia pun, camilan punya beragam jenis bentuk dan rasa yang berbeda. Salah satunya di Bengkulu yang merupakan Kota Bumi Raflesia ini.

Bengkulu punya banyak makanan khas yang siap menggugah selera para pengunjungnya termasuk camilan yang siap menemanimu di waktu santai. Penasaran apa saja camilan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Bengkulu? Yuk, cari tahu di bawah ini.

  1. Bay tat
Foto : www.indozone.id

Bay tat merupakan nama yang unik dan mudah diingat. Sama dengan bentuk dan rasa dari kue tart satu ini. Mirip seperti kue pie pada umumnya, bay tat punya topping beragam, seperti keju dan nanas yang bikin penasaran buat mencoba.

Dulunya kue ini dipercaya sebagai kue yang dikhususkan untuk raja Bengkulu saking enaknya rasa kue ini. Namun, sekarang semua masyarakat termasuk para pengunjung bisa mencicipi kue dengan bentuk segi empat bercita rasa manis ini, kok.

  1. Bolu koja
Foto : www.youtube.com

Kalau di Palembang ada bolu kojo, di Bengkulu punya bolu koja. Hal yang membedakan adalah tekstur dari Bolu Koja yang lebih lembut karena menggunakan bahan tambahan, yaitu agar-agar.

Bolu ini memiliki warna hijau yang memikat hasil dari warna daun suji dan daun pandan yang dicampur pada adonan. Saat ini, bolu koja bisa dinikmati dengan berbagai topping, seperti mesis atau keju yang menambah rasa nikmat saat menyantapnya.

  1. Kue perut punai
Foto : takaitu.id

Pertama ada kue berbentuk unik yang dinamakan kue perut punai. Dinamakan demikian karena bentuknya yang mirip dengan bentuk perut punai alias perut burung punai.

Kue ini berbentuk kecil-kecil dengan dua varian rasa yang bisa kalian pilih, yaitu rasa original dan manis. Banyak pengunjung yang memilih kue perut punai sebagai oleh-oleh dari Bengkulu karena rasanya yang bikin ketagihan, lho.

  1. Manisan terong
Foto : www.bukalapak.com

Oleh-oleh paling diburu oleh wisatawan yang mengunjungi Bengkulu pastinya manisan terong. Selain unik, rasa dari manisan ini juga begitu legit dan bikin ketagihan, lho. Biasanya, manisan berbahan dasar buah-buahan, namun lain halnya dengan camilan khas Bengkulu satu ini yang berbahan dasar terong.

Terong akan direndam dengan air kapur terlebih dahulu, kemudian akan direndam dengan air gula dan dikeringkan selama satu sampai dua hari. Nah, setelah kering dengan baik akan dikemas dan dijual sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang.

  1. Kue siput Bengkulu
Foto : www.kaskus.co.id

Nah, pasti para foodies sudah gak asing lagi dengan camilan satu ini. Kue siput khas Bengkulu ini terbuat dari adonan tepung yang kemudian dibentuk segi empat dan diisi dengan kacang.

Setelah adonan dibentuk seperti siput barulah kemudian digoreng. Kue siput biasanya akan dibalut dengan gula merah untuk menambah cita rasa manis. Namun, untuk kamu yang gak terlalu suka manis bisa memilih varian rasa asin juga, kok. Kue siput ini bisa kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh di Bengkulu, lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *