5 Camilan Khas Arab yang Cocok Temani Buka Puasa

Trippers – Terkenal dengan kulinernya yang penuh rempah, Arab ternyata banyak memiliki camilan manis yang lezat. Arab memiliki kue kering, basah, dan puding dengan bahan, topping, dan isian khasnya.

Menjadi sajian istimewa di hari raya, deretan camilan manis ini laris manis dijadikan takjil berbuka puasa, lho. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Layali lubnan
Foto : www.youtube.com

Dessert khas Turki ini sangat populer di Timur Tengah. Terbuat dari kacang, tepung maizena, tepung beras dan semolina, layali lubnan punya aroma sedap dari minyak mawar dan ekstrak jeruk khas Arab.

Selain aromanya, tekstur layali lubnan sangat lembut meski dimasak dengan cara dipanggang. Topping penghiasnya pun beragam dan kian menambah rasa dari dessert manis ini.

  1. Kahk
Foto : www.makanan.xyz

Kahk merupakan kue kering yang populer di Arab. Disajikan dengan taburan gula halus diatasnya, kue bulat ini biasa ada saat perayaan idulfitri.

Camilan manis ini kian istimewa dengan isian di dalamnya, yaitu kurma, kacang pistachio, atau manisan khas Arab. Kahk juga sering disajikan tanpa isian tergantung pembuatnya.

  1. Baklava
Foto : pinterpoin.com

Baklava merupakan camilan manis khas Turki yang mendunia. Termasuk ke dalam kue pastry, baklava memiliki rasa manis dengan isian sirup madu dan kacang pistachio. Di sebagian Arab, isian baklava diganti dengan kacang hazelnut dan almond.

Baklava memiliki dua rasa yang berbeda dalam setiap potongnya, tawar di bagian bawah namun manis di bagian atasnya.

  1. Basbousa
Foto : www.lurpak.com

Basbousa berasal dari Mesir, namun camilan ini sangat populer di wilayah Timur Tengah. Terbuat dari tepung semolina dan santan, rasa manis gurih kuat ada pada basbousa. Dihidangkan saat perayaan hari raya, basbousa jadi takjil istimewa saat ramadan.

Selain umat muslim yang menyukainya, umat nasrani di Mesir juga sering menyajikan basbousa saat hari besar atau perayaan agamanya.

  1. Halva
Foto : forum.allkpop.com

Halva adalah dessert khas Timur Tengah yang berbentuk puding. Berasal dari Lebanon, halva dibuat dari campuran tepung semolina dan kacang pistachio.

Sebagai hidangan pencuci mulut, rasa lembut dan lumer dari dessert ini sangat disukai masyarakat Arab. Halva juga sering disajikan saat perayaan hari besar Lebanon dan negara Timur Tengah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *