5 Alasan Sanur Bali Cocok Jadi List Liburanmu

Trippers – Apakah kawasan Sanur menjadi salah satu travel wishlist-mu ketika pandemi COVID-19 ini berakhir? Pesona Sanur dengan pantainya yang cantik memang layak menjadi tujuan utama ketika melancong ke Bali. Terlebih setelah berminggu-minggu kamu hanya bisa #DiRumahAja.

Setidaknya sederet alasan berikut bikin destinasi yang letaknya persis di timur Denpasar tersebut worthy jadi tujuan liburanmu usai COVID-19 berlalu. Apa saja? Ini ulasan lengkapnya!

1. Kamu bisa menikmati sunrise yang menawan di pantai Sanur

Memiliki garis pantai yang menghadap timur, menunggu matahari muncul dari peraduannya adalah alasan logis untuk berkunjung ke pantai Sanur. Sunrise di sini terkenal sebagai salah satu yang terbaik di Bali, lho.

Apalagi pantai Sanur menawarkan suasana yang sedikit lebih sepi dibanding dengan kawasan pantai Kuta, Seminyak, maupun Legian. Pasir putihnya pun lembut dengan ombak yang kecil. Cocok banget buat kamu yang ingin mencari nuansa pantai yang gak terlalu ramai pengunjung.

2. Kamu bisa mencicipi sedapnya nasi campur Men Weti yang legendaris

Tahukah kamu kalau kuliner khas Pulau Dewata cukup beragam? Mulai dari ayam betutu, nasi campur Bali, sup kepala ikan, hingga sate gurita. Tapi, kalau pengin mencari warung makan legendaris saat di kawasan Sanur, kamu bisa mampir ke Warung Nasi Campur Men Weti.

Berlokasi di Jalan Segara Ayu, Sanur, warung Men Weti sudah eksis sejak tahun 1970. Jadi, jangan kaget jika tempat makan ini selalu diserbu wisatawan, bahkan sejak sebelum warung buka.

Seporsi nasi campur Men Weti yang berisi nasi dengan sayur urap Bali, ayam suwir, telur bumbu merah, emping, dan sambal, dibandrol sekitar Rp20.000-an saja. Selain untuk sarapan, nasi campur Men Weti juga bisa untuk menu makan siang kamu.

3. Kamu bisa berwisata sejarah ke Monumen Bajra Sandhi

Gak jauh dari lokasi nasi campur Men Weti, kamu bisa menjajal wisata sejarah di dekat kawasan Sanur. Posisinya memang masuk kecamatan Denpasar Selatan, namun jarak tempuhnya dari kawasan Sanur sekitar 10 menit saja.

Nama destinasi tersebut adalah Monumen Bajra Sandhi yang letaknya ada di Lapangan Renon. Di sini, kamu bisa belajar banyak hal tentang sejarah pulau Bali, mulai dari zaman prasejarah hingga pasca kemerdekaan.

Yang menarik, ada museum tiga dimensi juga di Monumen Bajra Sandhi, bernama IAM BALI 3D Museum. Lokasinya berada di lantai dasar monumen. Kamu bisa puas berswafoto di ruangan special effect dan optical illusion.

4. Kamu bisa lebih mengenal sosok presiden pertama Indonesia di Museum Agung Bung Karno

Masih bernuansa sejarah, sempatkan pula berkunjung ke Museum Agung Bung Karno yang letaknya hanya sekitar 950 meter dari Monumen Bajra Sandhi. Kapan lagi bisa mengenal sosok proklamator Indonesia di Pulau Dewata?

Terdiri dari empat lantai, kamu bakal ditemani oleh pemandu wisata yang akan menjelaskan dengan lengkap tentang koleksi yang ditampilkan di museum. Beberapa di antaranya, yaitu foto-foto Bung Karno perpustakaan mini, benda-benda yang pernah digunakan Soekarno saat masih hidup, ruang pertemuan, dan masih banyak lagi.

5. Kamu bisa menikmati pesona Big Garden Corner

Kalau sudah puas jalan-jalan di tempat indoor, saatnya kamu beralih ke destinasi outdoor yang instagenic, yaitu Big Garden Corner. Lokasinya kurang lebih sejauh 9 kilometer dari Museum Agung Bung Karno. Tempat wisata ini terbilang destinasi baru, lho, di kawasan Sanur.

Dengan tiket masuk sekitar Rp25.000 per orang, kamu berhak menikmati aneka spot menarik di taman outdoor ini. Sebutlah patung-patung batu yang artsy, miniatur Candi Borobudur, rumah pohon, taman bermain anak, restoran, dan spot beratapkan deretan payung berwarna-warni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *