5 Air Terjun Keren di Kuningan

Trippers – Kabupaten yang terletak di ujung paling timur Jawa Barat ini terbilang masih rindang karena dikelilingi hutan dan pegunungan. Hal tersebut juga menjadikan Kuningan kaya dengan sumber daya air.Salah satu objek wisata alam yang diandalkan adalah wisata air. Mulai dari air terjun atau curug, kolam, waduk hingga telaga. Berikut ini 5 air terjun di Kuningan yang wajib kamu kunjungi.

1. Curug Bangkong

Foto : jernih.co

Curug atau air terjun ini merupakan salah satu yang paling populer di Kuningan. Arti dari nama curug Bangkong adalah air terjun kodok/katak. Hal tersebut berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat mengenai asal-usul air terjun ini.

2. Lembah Cilengkrang

Foto : hermankhaeron.info

Lembah Cilengkrang terbilang sangat menarik karena menawarkan air hangat alami dari mata air panasnya. Tak jauh dari kolam air hangat yang diapit tebing bebatuan, ada curug atau air terjun. Ada juga sungai kecil yang dangkal dekat kolam berair dingin. Suasananya yang masih sangat rindang dan jauh dari pemukiman membuat lembah Cilengkrang patut kamu singgahi saat berlibur ke Kuningan.

3. Waduk Darma

Foto : manifestasipedia.blogspot.com

Waduk atau danau buatan yang terletak di kecamatan Darma ini menjadi salah satu di antara pilihan wisata air terbaik yang ada di Kuningan. Hamparan airnya yang memesona mampu membuat pikiran rileks. Lebih menarik lagi jika kamu datang saat sunrise atau sunset. Pantulan cahaya matahari di cakrawala yang memantul di air terlihat keren parah. Akses juga sangat mudah dijangkau dari pusat kabupaten.

4. Kolam Cibulan

Foto : jejakpiknik.com

Objek wisata air satu cukup unik. Pasalnya, terdapat ikan dewa yang dikramatkan oleh masyarakat sekitar. Konon, ikan-ikan tersebut akan menghilang saat kolam dibersihkan dan kembali lagi setelah proses bersih-bersih selesai. Ikan dewa tersebut berwarna keabu-abuan.

Terdapat dua kolam pemandian lain yang serupa, yakni di kecamatan Cigugur dan Linggarjati. Untuk wisata air Cibulan sendiri terletak di desa Maniskidul, kecamatan Jalaksana.

5. Talaga Biru Cicerem

Foto : travel.tribunnews.com

Talaga Biru Cicerem memiliki air super jernih. Saking jernihnya, air tampak seperti berwarna kebiruan. Hal tersebut jugalah yang menjadi asal muasal nama telaga ini.
Sekelilingnya masih asri. Tempat ini kian menarik karena kamu dapat melihat ikan warna-warni berenang di permukaan air yang jernih. Telaga ini terletak di kaki gunung Ciremai, tepatnya di desa Kaduela, kecamatan Pasawahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *